full screen background image

Angkat Aksi Heroik Pahlawan 12

BANGKA, PE – Puncak peringatan HUT TNI ke 71 di wilayah Kepulauan Bangka Belitung, Kodim 0413/Bangka menggelar drama kolosal yang bercerita tentang Pahlawan 12 di halaman Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (5/10).

Drama ini diperankan oleh ratusan siswa-siswi dari SMK Negeri 4 Pangkalpinang dan kegiatan ini di bawah binaan dari  Kodim 0413/Bangka yang dikoordinir oleh Mayor Arh Tiyoso Yosaya.

Untuk di ketahui bersama angka 12 sangat  berhubungan dengan pahlawan 12 peristiwa bersejarah pahlawan dari Babel yang sangat penting bagi masyarakat Provinsi Bangka Belitung.

Angka 12 tersebut menggambarkan  pertempuran rakyat Bangka melawan sekutu tepatnya terjadi KM 12 Desa Petaling, pertempuran terjadi 12 Februari 1946 ,bertepatan dengan tanggal 12 Rabiul awal 1367 H. Pertempuran tersebut terjadi pukul 12.00 WIB dan yang paling sengit 12 pemuda gugur dalam pertempuran tersebut.

Drama tersebut menggambarkan betapa berkobarnya semangat pemuda Babel untuk mengusir sekutu yang rencananya akan menduduki kembali wilayah ini khususnya kota Pangkalpinang.

 Salah satu cerita yang sangat pilu terdapat beberapa pemuda  tidak diijinkan  oleh keluarga, orang tua dan calon istri untuk  terjun ke medan pertempuran, karena satu minggu lagi akan melangsungkan pernikahan. Namun untuk nusa dan bangsa para pemuda tetap maju ke medan pertempuran dan para pejuang berkumpul untuk menghadang laju pergerakan sekutu yang datang dari Muntok Bangka Barat menuju ke Kota Pangkalpinang.

Aksi heroik dari  pemuda pemuda Babel tidak terelakkan, pertempuran sengitpun terjadi  yang mengakibatkan 12 pemuda gugur, namun perjuangan mereka tidak sia-sia musuh dapat dipukul mundur, korbanpun berjatuhan di kedua belah pihak. REL




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *