full screen background image

Hujan Lebat, Bukit Rantau Sri Longsor

MUARA BELITI, PE – Akibat cuaca buruk hujan lebat seharian, membuat perbukitan di Desa Rantau Sri, Kecamatan Tiang Pumpung Kepungut (TPK), kabupaten Musi Rawas (Mura) terjadi longsor. Kondisi buruk amblasnya permukaan tanah memicu kemacetan panjang arus lalu-lintas Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) menuju kota Lubuklinggau dan Empat Lawang.

Kendati bencana tanah longsor di Desa Rantau Sri tersebut tidak menelan korban jiwa. Namun, sejak pagi hari sekitar pukul 06.30 WIB, Kamis (27/10), kondisi jalan sudah tertutup reruntuhan lumpur tanah. Barulah hampir satu jam lamanya warga dibantu aparat Kepolisian, TNI dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta 1 unit mobil Damkar membersihkan lokasi longsor.

Berselang tiga jam, kondisi kemacetan bisa teratasi. Sekitar pukul 11.30 WIB kondisi arus lalu-lintas kembali normal.

Merry, Kepala Desa (Kades) Rantau Sri ketika berada di lokasi mengatakan, bencana longsor seperti ini baru kali pertama terjadi. Sebab, mendekati musim penghujan, di jalur lintas sendiri biasanya hanya mengalami banjir meluapnya aliran sungai Musi.

“Untuk kapan pastinya longsor itu kita ketahui berdasarkan laporan warga itu terjadi jam 6 pagi, Karena, sejak semalam itu hujan lebat mulai dari jam 11 malam sampai paginya dan itu cuma hanya satu titik saja,” ujar Merry.

Senada disampaikan Tugiman, Kasi Pencegahan Kesiapsiagaan Pemadam Kebakaran BPBD Mura menjelaskan, setelah diketahui adanya bencana longsor, pihaknya langsung menerjunkan personil dan alat pemadam melakukan penyemprotan sisa permukaan longsoran.

“Kalau melihat kondisinya wilayah ini tidak berpotensi longsor. Hanya saja terjadi longsor kali ini dikarenakan permukaan tanah yang terjal sebelumnya ditanami kebun karet terlihat gundul,” bebernya.

Dia menyebutkan, dalam proses evakuasi, pihaknya dibantu aparat Satlantas mengatur arus lalu-lintas. “Untuk potensi banjir longsor kita pastikan itu sampai dengan April 2017 mendatang. Untuk itu, kita BPBD siap Siaga,” tukasnya. HAR

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *