full screen background image

Gerak Cepat Perbaikan Jalan

PALEMBANG,PE- Menanggapi banyaknya kerusakan jalan yang terjadi di beberapa titik di Kota Palembang, membuat Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang (PUBMTR) bergerak cepat. Tim segera diturunkan, untuk melakukan perbaikan jalan rusak tersebut.

Seperti yang terjadi di Jalan Noerdin Pandji, dimana kondisi jalan tersebut beberapa ruasnya rusak parah mulai dari berlubang dan bergelumbang. Akibat kejadian tersebut, kendaraan yang melintasi jalan harus memperlambat laju kendaraanya sehingga menyebabkan kemacetan yang cukup panjang. Apalagi jalan tersebut banyak dilalui kendaraan dengan berat, seperti truk.

Kepala Dinas PUMBTR, Ucok Hidayat mengungkapkan, pihaknya telah menurunkan tim untuk segera dilakukan perbaikan pada ruas jalan tersebut, agar kerusakan tidak bertambah parah. “Iya, kalau dibiarkan akan lebih parah. Apalagi kerusakan dan membutuhkan biaya tinggi untuk perbaikannya, sementara uang kita terbatas,”ungkap Ucok saat dihubungi, kemarin (21/3).

Ucok memerintahkan semua Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) untuk berada di lokasi masing-masing, untuk mengantisipasi segera setiap terjadi kerusakan jalan. Dirinya juga menargetkan perbaikan jalan dapat selesai dalam 2 minggu. “Memang di sepanjang jalan Noerdin Pandji itu ada beberapa titik yang rusak, dan sedang dalam proses perbaikan. Diharapkan tuntas 2 minggu, kalau tidak ada halangan seperti hujan dan lain-lain,”terangnya.

Diakui Ucok, untuk anggaran pemeliharaan jalan memang terjadi pemangkasan, sehingga perbaikan maupun pemeliharaan jalan akan diutamakan yang menjadi skala prioritas. “Pasti ada pengaruhnya bagi penanganan jalan, tapi kita mencoba mengefisiensikan program pada penanganan segera setiap kerusakan. Sehingga biaya perbaikannya tidak tinggi, dan prioritas tahun ini tetap sama agar seluruh jalan yang menjadi tanggungjawab PUBMTR harus fungsional,”urainya.

Lebih lanjut dikatakan Ucok, anggaran pemeliharaan rutin untuk tahun ini sebesar Rp40,099 Miliar, yang dialokasikan pada 7 UPTD. Sementara itu, Gubernur Sumsel Alex Noerdin sebelumnya mengatakan, perbaikan jalan rusak ini memang sudah menjadi prioritas Pemprov Sumsel. “Makanya dengan kepala dinas yang baru ini kita harapkan permasalahan jalan ini dapat segera selesai. Kalau bisa tidak hanya lebaran saja jalan bagus, tapi hari biasa jalan juga harus bagus,”ungkap Alex. Terkait pemangkasan anggaran, dirinya juga sependapat untuk mengacu pada yang diprioritaskan saat ini. “Kita cari yang prioritas, mana yang harus segera diperbaiki,”tandasnya.BET




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *