full screen background image

Targetkan 10 Juta Peserta JKN-KIS

PALEMBANG, PE – BPJS Kesehatan menargetkan kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dapat mencapai 10 juta jiwa hingga akhir tahun ini. Demikian diungkapkan Deputi Direktur Wilayah Sumsel, Kep Babel dan Bengkulu, dr Erna Wijaya Kusuma, Rabu (19/7). “Saat ini kepesertaan JKN-KIS kita sudah ada 7,9 juta. Target kita tahun ini bisa mencapai 10 juta, untuk itulah kita melakukan sosialisasi ke tingkat sekolah-sekolah,” ujar dr Erna usai sosialisasi sekaligus mengajarkan siswa pola hidup sehat di SD Negeri 157 Kelurahan Pahlawan.

Erna menjelaskan, pola hidup sehat merupakan hal yang penting dalam menjaga kesehatan.untuk itulah sejak dini sudah harus dikenalkan dengan tujuan mencegah timbulnya berbagai penyakit. “Pencegahan awal lebih baik, karena setelah kita tahu berpenyakit akan sulit untuk diobati,” katanya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang, Diah Sofiawati, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) BPJS Kesehatan ke-49, BPJS Kesehatan mengajak anak-anak untuk pola hidup sehat di SD Negeri 157 Palembang.

Ada 40 dokter yang membantu untuk melakukan pemeriksaan kepada siswa, yaitu dari RSU Muhammad Hoesin, Persatuan Dokter Gigi dan Persatuan dr Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT). “Yang paling banyak diderita anak biasanya telinga dan gigi, makanya kita ada kerjasama dengan beberapa dokter,” katanya.

Dijelaskannya, penyakit katastropik ini cenderung terjadi karena faktor kebiasaan perilaku hidup tidak sehat. Misalnya, hobi mengonsumsi junk food, kurang olahraga, gizi tidak seimbang dan sebagainya. Ditambahkan Kepala Sekolah SDN 157 Palembang, Walasri, dengan menerapkan pola hidup sehat kepada siswa diharapkan dapat menekan adanya penyakit. “Melalui kerjasama kegiatan ini kita harapkan siswa dapat belajar dengan baik serta mampu menerapkannya,” tukasnya. DYN

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *