full screen background image

Ribuan Kepala Desa Demo, Tuntut Perlunasan Dana Desa

LAHAT, PE – Ribuan massa yang mengatasnamakan Forum Komunikasi Kepala Desa (FFKD) Kabupaten Lahat beserta perangkat desa, menggelar unjuk rasa di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat. Massa yang berasal dari 9 forum kades dan perangkatnya ini terdiri dari 360 desa yang ada di Kabupaten Lahat, Selasa (19/12).

Aksi massa tersebut menuntut agar Pemkab Lahat segera melunasi pembayaran dana desa tahun anggaran 2017 triwulan 2, dana siltap tahun anggran 2017 triwulan 2, dana pengembalian pajak tahun anggaran 2017, serta dana pilkades tahun anggaran 2017 selama enam bulan yang belum di bayarkan, terhitung dari bulan juli sampai Desember agar segera dicairkan.

Dalam orasinya, Darmawansyah selaku Ketua Harian Forum Kades menuntut, agar pemerintah daerah segera memenuhi tuntutan mereka yakni Siltap Triwulan 3 dan 4 tahun 2017, dana dasar 3 dan 4 tahun 2017, dana bagi hasil dan dana pilkades. ‘’Segera bayar, karena sudah enam bulan kami bersabar,” tegasnya.

Menanggapi hal ini Pemkab Lahat melalui Kadis BPMD Fauzan Khoiri denin menjelaskan bahwa secara administrasi  permintaan pencairan Dana Siltap pada Bulan Agustus lalu juga dana ADD  telah diajukan ke Badan Keuangan Daerah dan telah diajukan ke pusat.

“Anggaran telah diajukan ke Kementerian keuangan, namun hingga saat ini masih menunggu realisasinya saja. Kami tidak bisa memastikan kapan, tapi mari sama-sama menunggu kabar baik sampai tiga hari kedepan,” tukasnya. PTR




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *