full screen background image

Jalan Berlumpur, 2 Desa Terancam Terisolir

PALI,PE – Dua desa yakni Desa Sungai Ibul, Kecamatan Talang Ubi dan Desa Sungai Langan, Kecamatan Penukal, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) terancam terisolir. Pasalnya, akses jalan poros menuju desa tersebut tepatnya antara Desa Sungai Ibul Kecamatan Talang Ubi – Desa Babat Kecamatan Penukal hancur dan berlumpur sehingga mobil tidak bisa lewat.

Padahal, setiap minggu digelar pasar kalangan yang memasok bahan makanan serta keperluan warga lainnya di dua desa tersebut. Namun, akibat jalan yang rusak parah, membuat para pedagang mengurungkan niatnya berjualan. Kepala Desa (Kades) Sungai Ibul, Maryono mengatakan, jika warga telah berupaya bergotong royong memperbaiki jalan masuk desanya. Namun akibat hujan terus mengguyur serta material yang tidak tersedia, membuat upaya warga sia-sia.

“Kalau motor dan mobil double kabin bisa keluar masuk meskipun dengan susah payah. Tapi, kalau mobil pedagang pengangkut bahan pokok kebutuhan warga tersangkut sehingga pedagang memilih memutar ulang. Akibatnya, warga desa kami kesulitan mendapatkan kebutuhan pokok,” ucapnya saat dibincangi, kemarin (26/12). Selainn itu, ungkapnya, akibat hancurnya akses jalan menuju desanya, harga getah ditingkat petani bertambah anjlok.

“Minggu ini masih untung ada yang beli, tapi harganya jauh menurun dibandingkan kalau jalan normal yang biasa terjual Rp7.000/kg, sekarang cuma Rp5.000/kg. Belum.lagi, pelajar yang sekolah ke Kota Pendopo juga terganggu,” ungkapnya.

Maryono mengakui jika pada 2018 mendatang, Pemkab PALI sudah menganggarkan peembangunan jalan poros tersebut. Namun, sementara Pemkab PALI belum melaksanakan pembangunan, dirinya meminta perusahaan yang biasa melintas di jalan tersebut ikut membantu memperbaiki jalan yang nyaris putus itu.

“Saat ini desa kami dan desa Sungai Langan nyaris terisolir. Jadi kami minta pihak Pertamina Pendopo dan Medco ikut andil memperbaiki jalan ini agar aktivitas warga juga perusahaan tetap lancar,” pintanya. Sementara, Asmen Pertamina Asset 2 Pendopo Field, Fery Prasetyo Wibowo mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Medco dalam membantu memperbaiki jalan di desa Sungai Ibul dan Sungai Langan. “Kalau alat berat sudah kami turunkan. Tapi, untuk material kami akan berkoordinasi dengan Medco dan juga bagian penyedia material saat ini sedang cuti,”  bebernya.JOE

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *