Home Musi Banyuasin 5.917 Anak Muba Sudah Miliki Kartu Identitas

5.917 Anak Muba Sudah Miliki Kartu Identitas

0

SEKAYU,PE- Sepanjang tahun 2017 lalu, sebanyak 5.917 Kartu Identitas Anak (KIA) telah diterbitkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Musi Banyuasin.

Kepala Dinas Dukcapil Muba Asmarani SSos mengatakan, hingga sekarang ini tercatat sudah ada 5.917 KIA yang telah dicetak. Jumlah tersebut akan bertambah, mengingat belum seluruh anak di Muba melakukan pendaftaran.

“Masih banyak yang belum. KIA sendiri banyak kegunaan,” kata Asmarani, Rabu (3/1). Seperti, dia menjelaskan, bisa mendapatkan pelayanan publik secara mandiri mulai dari pendidikan, kesehatan dan lainnya.”

“Dimana KIA yang dimiliki anak sama fungsinya dengan KTP. Maka dari itu, diimbau kepada orang tua yang anaknya belum dibuatkan KIA untuk segeralah mendaftar,” pintanya.

Lanjut mantan Camat Sanga Desa ini, untuk persyaratan diantaranya anak kurang dari 5 tahun dan telah memiliki akta kelahiran harus menyertakan foto copy kutipan akta kelahiran, foto copy kartu keluarga (KK) fan foto copy KTP elektronik orang tua atau wali. Sedangkan untuk anak yang baru lahir, KIA akan diterbitkan serentak dengan akta kelahiran sang anak.

Bagi anak yang berusia 5-17 tahun, harus melangkapi persyaratan yakni kutipan akta kelahiran, foto copy kartu keluarga (KK) fan foto copy KTP elektronik orang tua atau wali ditambah dengan pas pgota ukuran 2×3 sebanyak dua lembar. “Untuk anak yang sekolah penerbitannya dilakukan secara kolektif. Kita bekerjasama dengan pihak sekolah,” tandasnya.SAF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here