Home Prabumulih Libatkan Akuntan Publik Audit LKPD Pemkot Prabumulih

Libatkan Akuntan Publik Audit LKPD Pemkot Prabumulih

0

PRABUMULIH.PE- Untuk menyajikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah  (LKPD) secara transparan dan akuntabel, Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih di tahun 2018 akan melibatkan akuntan publik untuk mengaudit LKPD.

Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM menjelaskan, akuntan publik merupakan lembaga independen pemeriksa keuangan Pemkot Prabumulih. “Jadi LKPD Pemkot Prabumulih bukan hanya diaudit BPK RI, tetapi akuntan publik dilibatkan untuk mengaudit LKPD kita. Mulai tahun 2018, mereka akan ikut mengaudit LKPD Pemkot Prabumulih,” ujar Ridho, Rabu (3/1).

Ridho mengungkapkan, saat ini keterbukaan informasi dan transparansi dalam mengelola anggaran milik negara sangat lah perlu. Sehingga tercipta suatu sistem yang bersih dan terhindar dari segala bentuk, yang namanya penyimpangan anggaran atau terjadinya korupsi.

“Tujuannya bila ternyadi penyimpangan anggaran bisa diketahui. Saat ini baru dua Pemerintah Daerah (Pemda) yang LKPD-nya diaudit oleh akuntan publik di Sumatera Selatan (Sumsel), yaitu Pemkot Prabumulih dan Pemkot Lubuklinggau. Ini suatu hal yang membanggakan, karena Pemkot berupaya menyajikan LKPD secara transparan dan juga akuntabel,” katanya.

Masih kata Ridho, pihaknya selalu berupaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebagai sumber dana pembangunan. Meski Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemkot tidak terlalu besar.

“Untuk menjalankan program pembangunan tetap jalan, berupaya menjemput bola program dari pemerintah pusat, melengkapi sarana prasarana bagi masyarakat dan kemajuan pembangunan Kota Prabumulih,” terangnya.

Dengan dilibatkannya akuntan publik sebagai lembaga independen pemeriksa/mengaudit LKPD Pemkot Prabumulih di tahun 2018, mendapat respon positif dikalangan anggota DPRD Prabumulih. Bahkan Ketua DPRD Kota Prabumulih H Ahmad Palo SE sangat setuju, ada lembaga independen yang ikut mengaudit LKPD selain BPK RI.

“Ini sangat bagus ada akuntan publik yang ikut mengaudit LKPD Pemkot Prabumulih. Apalagi di Sumsel baru Lubuklinggau dan Prabumulih yang melibatkan akuntan publik mengaudit keuangan Pemkot Prabumulih. Kita anggota DPRD mendukung penuh terobosan ini. Kita berharap transparansi dan akuntabel dapat dijalankan dengan baik,” pungkasnya. RAY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here