full screen background image

Empat Bunga Bangkai Mati

LUBUKLINGGAU, PE – Bunga bangkai tumbuh mekar di kawasan Bukit Sulap, bahkan tumbuhnya cukup banyak sampai enam bunga bangkai tumbuh subur di lokasi tersebut, tepatnya di samping pos shelter 1 akses naik ke kawasan Bukit Sulap Kelurahan Ulak Surung, Kecamatan Lubuklinggau Utara II.

Petugas Destinasi Wisata Bukit Sulap, Sadi menjelaskan, keenam bunga bangkai tumbuh sebagian di penghujung tahun. Adapula yang baru tumbuh awal tahun ini. Namun, empat dari enam bunga bangkai yang tumbuh dan mekar sudah mati. “Sudah mati empat bunga, tinggal dua lagi yang masih hidup dan mekar,” bebernya, Kamis (4/1).

Menurutnya, kemungkinan empat bunga bangkai yang mati tersebut dikarenakan akibat terkena cuaca panas. Yang mana berdasarkan perkiraan dan pengamatan petugas destinasi wisata Bukit Sulap menyebut jika bunga bangkai dipagi hari hingga pukul 10.00 WIB, kondisinya mekar. Namun disiang hari menjadi layu dan tergantung dengan cuaca.

Sementara itu, Andika (28), Petugas Destinasi Wisata Bukit Sulap lainnya menambahkan, jika bunga bangkai di lokasi tersebut sudah hampir 20 kali tumbuh subur dan mekar. Terakhir yakni keenam bunga bangkai yang tumbuh dipenghujung tahun dan awal tahun baru.

“Penghujung tahun kemarin, dua bunga bangkai tumbuh dengan ukuran tinggi 30 sampai 35 cm dengan lebar antara 30 sampai 31 cm,” katanya. Sedangkan di awal tahun, kembali tumbuh dua bunga bangkai. Kemudian selang dua harinya, tumbuh dua lagi bunga bangkai dengan ukuran dan tinggi cukup besar yakni lebar 51 cm dan tinggi 54 cm. “Kita lagi patroli. Lalu mengecek sekitar lokasi bunga bangkai, karena sudah sering tumbuh disitu, jadi dicek. Ternyata memang tumbuh lagi,” katanya.

Pihaknya menyebut keberadaan bunga bangkai kerap hidup dan tumbuh di penghujung tahun dan awal tahun. Sebab saat itu, kondisi cuaca memang dalam keadaan basah alias hujan sering turun. “Karena akhir tahun musim hujan, pertengahan panas. Nah kalau panas, jarang tumbuh,” tukasnya. NSR/AFA

 

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *