full screen background image

Polisi Rela Sambangi 2 Desa Langganan Banjir

SEKAYU, PE – Hampir setiap tahun musibah banjir selalu melanda dua desa di Kecamatan Sanga Desa yakni Desa Ulak Embacang dan Desa Air Balui. Nah, untuk memastikan ketinggian air belum merendam rumah warga khusus di wilayah dusun trans SP 1, 2 dan 3, jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Sanga Desa bersama Bhabinkamtibmas menyambangi daerah tersebut, Jumat (5/1).

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Musi Banyuasin (Muba), AKBP Rahmat Hakim SIk melalui Kapolsek Sanga Desa, Iptu Mukhlis mengatakan, anggotanya sengaja mendatangi dua desa tersebut mengingat meningkatnya intensitas hujan serta tingginya volume Sungai Musi belakangan ini.

“Yang jelas, anggota kita meninjau kondisi warga khususnya di daerah SP 1, 2 dan 3 Desa Air Balui,” tutur Mukhlis.

Sebab imbuh dia, untuk menuju ke desa tersebut saat ini medannya berlumpur mengingat kondisi jalan yang belum diaspal sehingga apabila turun hujan jalannya cukup sulit untuk dilalui.

“Walau dengan kondisi apapun selaku anggota Bhabinkamtibmas, wajib hadir di tengah-tengah masyarakat untuk selalu menghimbau serta mengingatkan warga masyarakat agar selalu waspada dengan kondisi yang ada saat sekarang ini,” tegasnya.

Mantan Kapolsek Tungkal Jaya ini menambahkan, dua desa itu sendiri setiap tahun pasti terkena bencana banjir, yang mana ketinggian air dapat mencapai empat meter, bahkan sebagian rumah warga bisa terendam.

“Meskipun ketinggian air belum merendam rumah warga, kita memberikan himbauan kepada masyarakat untuk selalu waspada akan perubahan alam saat ini khususnya banjir, mengingat mulai tingginya debit air Sungai Musi saat ini tidak menuntut kemungkinan akan terjadinya banjir yang dapat datang sewaktu-waktu,” bebernya.

Di samping itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan pemerintahan desa setempat untuk bersama-sama dalam mengantisipasi serta menghimbau warga masyarakat untuk selalu waspada akan perubahan kondisi saat ini untuk tanggap siaga bencana serta merencanakan tempat evakuasi apabila banjir melanda di desa. SAF

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *