full screen background image

Bentang Tengah Musi IV Hampir Rampung

Progress Capai 69 Persen

PALEMBANG, PE – Pembangunan Jembatan Musi IV terus dikebut. Progress pembangunan jembatan dari arah Jalan Selamet Riyadi menuju Jalan KH Azhari Plaju itu saat ini sudah mencapai 69 persen. Bahkan bentang tengah hampir rampung dan ditargetkan Mei sudah dapat tersambung dengan pangkal jembatan.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Musi IV, Suwarno mengatakan, untuk pembangunan jembatan di Seberang Ulu, sudah selesai dan dicor, begitu juga di Seberang Ilir. “Alhamdulillah baik Seberang Ilir maupun Seberang Ulu sudah selesai cor lantai dan dilanjutkan dengan pembangunan rigid,” ujarnya, Senin (8/1).

Namun kata Suwarno, untuk wilayah Seberang Ulu, rencananya bakal dilakukan perluasan akses jalan yang menghubungkan Jalan KH Azhari sampai ke Jalan Ahmad Yani terancam batal, pasalnya hingga saat ini belum ada pembebasan lahan.

“Ganti rugi lahan seharusnya Pemerintah Provinsi (Pemprov), tetapi sekarang belum dilakukan. Kalau sekarang bebas, Insyaa Allah selesai sebelum Asian Games, tapi kalau belum dibayarkan hingga Maret, kami tidak menjamin bisa selesai, paling cepat Agustus,” katanya.

Sambung dia, dari total panjang jembatan mencapai 1.129 meter, sisa pembangunan yang belum selesai masih sekitar 300 meter. Dengan total dana sebesar Rp 577 miliar termasuk untuk perluasan akses jalan Ahmad Yani dengan panjang 874 dengan luas 2,6 hektare.

“Tapi kalau tidak selesai, maka kontrak sebesar Rp 577 miliar dipotong untuk pengerjaan akses jalan yang estimasi dana Rp 34 miliar. Yang jelas bukan salah kita, tapi memang belum adanya pembebasan lahan,” bebernya. Pihaknya optimis pembangunan jembatan Musi IV selesai sebelum Asian Games. “Insyaa Allah Juli sudah bisa ujicoba dan kita yakin semua berjalan dengan lancar dan mudah-mudahan tidak ada halangan,” harapnya. DYN

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *