full screen background image

Masyarakat OKU Selatan Diminta Aktif Laporkan Indikasi Korupsi

MUARADUA. PE – Kejaksaan Negeri (Kejari) Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, meminta masyarakat selalu aktif melaporkan jika menemukan indikasi penyimpangan memang mengarah ke tindak pidana korupsi menimbulkan kerugian negara.

“Masyarakat, kita imbau ikut mengawasi program kegiatan dan pembangunan dilaksanakan, dalam membantu Kejaksaan,” ungkap Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari), OKU Selatan, Edi Ihsan Kurniawan SH dan Kassi Datun, Rio Irawan, Selasa (9/1).

Diungkapkannya, pihaknya sementara masih terus memberikan imbauan dan pendampingan kepada Pemerintah Daerah (Pemda). Namun, akan tetap konsisten melakukan penindakan, apabila nanti menemukan indikasi dugaan penyimpangan‎.

“Kejaksaan tetap mengedepan pencegahan, agar tidak sampai terjadi penyimpangan mengkibatkan  kebocoran ‎uang negara. Tetapi, jika ada laporan kami akan terus melakukan penyelidikan,” katanya.

‎Dia meminta warga tidak sungkan melaporkan ke kejaksaan, apabila ada terjadi dugaan tindak pidana korupsi terkait pelaksanaan pembangunan dan termasuk pengelolaan alokasi Dana Desa (DD). ‎

‎”Tahun 2018 ditargetkan ada langkah-langkah. Jika ada laporan dari masyarakat, akan kita uji sesuai instrumen penyelidikan. Kalau memenuhi syarat, maka akan dinaikan ketahap penyidikan,” katanya.‎

Menurutnya, dalam langkah penindakan disetiap pelaksanaan program dan kegiatan terindikasi merugikan negara minimal ada bukti awal, maka ‎akan dapat dilaksanakan tahapan penyelidikan.

“Kontrol masyarakat sangat penting, karena tidak mungkin menjangkau seluruh wilayah, sehingga harus aktif melaporkan jika ada penyimpanan.  ‎Makanya, fungsi dan kontrol masyarakat sangat penting  menindak setiap indikasi penyimpangan mengarah ke kerugian negara,” pungkasnya. DRE




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *