full screen background image

Shinta-Syuryadi Masih Terganjal LHKPN

3 Paslon Daftar ke KPU Muara Enim‎ di Hari Pertama

MUARA ENIM,PE – Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muara Enim mulai menerima pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati di Kantor KPU Muara Enim pada Senin (8/1).  Dihari pertama pendaftaran tersebut, sebanyak tiga pasang bakal calon Bupati dan wakil bupati mendaftar ke KPU.

Ketiga bakal Paslon tersebut yakni pasangan calon independent ‎yang merupakan istri Bupati Muara Enim Hj Shinta Paramita dan Pasangannya Syuryadi. Selanjutnya calon Incumbent dari partai pengusung PPP dan PDIP yakni Wakil Bupati Muara Enim H Nurul Aman dan pasangannya M Thamrin AZ, serta terakhir pasangan calon  dari partai Demokrat , Hanura, dan PKB,yakni Ahmad Yani dan Juarsah.

Ketiga Paslon tersebut datang mendaftar ke Kantor‎ KPU bergantian dengan didampingi oleh ratusan kader dan simpatisan dari partai pendukung. Meski demikian,

pihak KPU Muara Enim baru menyatakan dua bakal Paslon statusnya diterima karena telah memenuhi seluruh persyaratan yang ditetapkan KPU.

“Pasangan H Nurul Aman- Thamrin AZ dan Ahmad Yani – Juarsah statusnya diterima hari ini karena sudah memenuhi segala unsur persyaratan baik syarat pencalonan maupun calon,‎ Sementara pasangan incumbent Shinta-Syuryadi belum bisa diterima oleh KPU karena belum lengkap persyaratan calon sehingga masih perlu perbaikan ,”kata Ketua KPU Muara Enim, Rohani melalui divisi teknis, Ahyudin disela pendaftaran calon di Kantor KPU Muara Enim.

Adapun berkas persyaratan yang dimaksud, lanjutnya, pasangan Shinta-Syuryadi ‎kurang memenuhi satu persyaratan calon yaitu belum adanya berkas Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Dia mengatakan pasangan yang belum bisa menyerahkan syarat calon ini maka belum bisa dinyatakan lengkap  dan diterima secara administrasi oleh KPU. “Karena itu pasangan ini masih diberi waktu untuk perbaikan sebelum kita terima resmi, adapun batas waktu ditetapkan sampai 10 Januari 2018, apabila lewat dari ketetapan masih belum lengkap maka pendaftaran ditolak,”‎ungkapnya.

‎Sedangkan dua pasangan lainnya yakni Nurul Aman – Thamrin dan Ahmad Yani – Juarsah yang diterima resmi kemarin berhak menerima surat rekomendasi tes kesehatan dari KPU. Uji tes kesahatan tersebut akan dilangsungkan di Rumah Sakit Rekomendasi KPU yakni RSMH Muhamad Husien Palembang pada 11-13 Januari 2018.

“Namun sebelumnya seluruh berkas persyaratan yang kita terima dari masing-masing calon masih harus melewati proses verifikasi keakuratannya, hasil verifikasi akan diumumkan pada 10 -16 Januari 2018 mendatang,”bebernya.

Terpisah,  pengacara tim pemenangan Shinta-Syuryadi, Firmansyah SH MH mengakui berkas LHKPN yang menjadi salah satu persyaratan ‎belum dimiliki oleh Paslon Shinta-Syuryadi saat melakukan pendaftaran ke KPU kemarin. Namun dia menyebut berkas permintaan LHKPN sudah dilaporkan ke Komisi Pemberantasa Korupsi (KPK) yang kini masih dalam tahap proses.

“Sudah melaporkan hal tersebut kepada KPK dan saat ini masih menunggu hasil.‎Dari prosesnya sudah kita lakukan semua. Dan saat ini kita masih menunggu hasil dari KPK. Pihak KPU juga memberikan waktu hinga tanggal 10 nanti. Jadi kami optimis surat LHKPN tersebut akan selesai sebelum tanggal 10,” ujarnya. AFU

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *