full screen background image

Wah, Pak Kakanwil Pun Ikutan Lomba Masak Pindang

PALEMBANG, PE – Halaman Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) di bilangan Jalan Ade Irma Nasution, Sungai Pangeran, Ilir Timur (IT) I Palembang, atau samping Kantor Gubernur Sumsel, Senin (8/1) siang kemarin mendadak riuh. Ternyata tengah berlangsung Lomba Masak Nasi Goreng dan Masak Pindang yang pesertanya bukan sembarang orang. Nah loh?

Tampak di antara peserta lomba, ada Kakanwil Kemenag Provinsi Sumsel, HM Al Fajri Zabidi MM MPdI ikut bersaing dan beradu terampil bersama para peserta lainnya yakni jajaran pimpinan di lingkungan Kanwil Kemenag Sumsel. Selain Kakanwil, ikut pula Kabag TU, Kabid, Kakankemenag Kabupaten/Kota dan Kepala Madrasah.

Lomba yang diikuti total 31 peserta tersebut diselenggarakan selain memeriahkan peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag ke-72, juga melestarikan kuliner khas Sumsel salah satunya pindang. Dengan ketentuan lomba, peserta adalah laki-laki dan dibantu seorang asisten yang juga laki-laki.

Kepiawaian memasak para peserta diuji pada lomba masak pindang dan nasi goreng tersebut. ketentuan lomba masak nasi pindangpun sangat ketat, selain bahan harus utuh dan belum ada yang diolah di rumah, peserta juga harus dapat menghias dan menyajikan makanan dengan kualitas rasa dan penampilan yang menarik.

Diwawancarai di sela lomba, Kakanwil Kemenag Provinsi Sumsel, HM Al Fajri Zabidi MM MPdI menyampaikan bahwa bukan hanya kepandaian memasak saja tetapi bagaimana menyajikan makanan. Dan di sinilah menurut dia, sosok suami dapat merasakan peran seorang istri apalagi dalam hal memasak.

“Ya para suami biar tahu juga bagaimana istri memasak di rumah, dengan demikian akan harmonis hubungan rumah tangga, yang pasti kita berusaha melestarikan kuliner Sumsel salah satunya pindang, seperti pindang Komering, Meranjat, dan pindang-pindang lainnya,” ungkap Al Fajri.

Di waktu dan tempat yang sama, ikut digelar kegiatan Bazar.  Sebelumnya telah dilaksanakan Upacara memperingati HAB ke-72, bedah rumah, dan jalan sehat kerukunan. Di kesempatan kemarin, seluruh peserta dan tamu undangan dibuat terpukau dengan video kaleidoskop Kanwil Kemenag Provinsi Sumsel.

Al Fajri menuturkan bahwa peringatan HAB hendaknya dijadikan momentum untuk memperbaiki kinerja tahun mendatang. Dia juga menyampaikan apresiasinya atas kreativitas Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kanwil Kemenag Sumsel menyelenggarakan kegiatan dalam rangka memperingati HAB Kemenag, bersamaan dengan kegiatan Bazar DWP Juga menggelar lomba masak nasi Goreng dan Pindang, Lomba Barzanji, dan donor darah.

“Ini peran dari ibu, terutama dalam mendukung karir suami, ataupun kesuksesan dari anak-anak. Kita apresiasi DWP Kemenag Sumsel yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, termasuk panitia bazar kali ini dari Kankemenag Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan dan Ogan Ilir (OI). Apa yang baik di tahun mendatang akan kita tingkatkan,” ujar Fajri.

Selain itu pada peringatan HAB kali ini, Kakanwil memberikan apresiasi berangkat umroh kepada senior, sesepuh di Kemenag yaitu H Amri yang pernah menjabat sebagai Kabag TU dan seorang satpam Kanwil Kemenag Sumsel. “Kali ini kita berikan penghargaan kepada satpam dan Orang Tua Kita juga di Kanwil Kemenag Sumsel ini, kita berharap dapat menorehkan sejarah dengan memberikan umroh ini, dan amal bakti Kemenag dengan berbuat amal,” ucap Fajri lagi. KUR




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *