full screen background image

Tak Ada Penambahan Kursi di Pileg 2019

PRABUMULIH.PE- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat telah memutuskan tentang jumlah kependudukan kabupaten/kota dan jumlah kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Keputusan itu tertuang dalam Surat No: 4/PL.01.3-Kpt/03/KPU/I/2018.

Dalam surat tersebut disebutkan bahwa jumlah penduduk Kota Prabumulih 190.913 jiwa. Meliputi Kecamatan Prabumulih Barat 29.972 jiwa, Prabumulih Timur 71.241 jiwa, Cambai 18.053 jiwa, Rambang Kapak Tengah (RKT) 13.709 jiwa, Prabumulih Utara 36.415 jiwa, dan Prabumulih Selatan 21.523 jiwa.

Ketua KPU Kota Prabumulih, M Takhyul melalui Komisioner Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Wawan Irawan menjelaskan, jumlah kursi Anggota DPRD Prabumulih pada Pileg 2019 tetap atau tidak mengalami perubahan berjumlah 25 kursi.

“Sudah ditetapkan KPU Pusat Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) semester I dan semester 2 tetap. Sehingga kursi tidak mengalami perubahan atau masih 25 kursi. Untuk suratnya sudah kita terima soal keputusan tersebut,” jelas Wawan.

Lantaran kursinya tetap, Daerah Pemilihan (Dapil) Anggota DPRD juga tidak mengalami perubahan, tetap tiga. Yaitu Dapil I Prabumulih Utara – Cambai, Dapil II Prabumulih Barat – RKT, dan Dapil III Prabumulih Timur dan Prabumulih Selatan.

“Kita juga sebelumnya sudah berkoordinasi dengan parpol terkait kursi masing-masing Dapil. Yakni, Dapil I Prabumulih Utara – Cambai menjadi 6 kursi dan Dapil III Prabumulih Timur – Prabumulih Selatan 12 kursi, dan Dapil II Prabumulih Barat – RKT 7 kursi,” pungkasnya. RAY




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *