full screen background image

BURUAN, SMAN Sumsel Buka PPDB Online

PALEMBANG, PE – Berbeda dengan tahun sebelumnya, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN Sumatera Selatan untuk tahun ajaran 2018/2019 akan dibuka secara online. Para pendaftar akan mengentri data-data mereka dan mengunggah dokumen yang diperlukan secara online di website yang telah disediakan mulai tanggal 12 Januari 2018 hingga 17 Februari 2018.

“Pelaksanaan PPDB SMAN Sumatera Selatan merujuk kepada Juknis PPDB SMA Pelaksana Dual Curriculum Provinsi Sumatera Selatan, bahwa SMAN Sumatera Selatan dalam PPDB 2018/2019 tidak dibatasi rayonisasi/zonasi. Hanya saja jadwal PPDB SMAN Sumatera Selatan waktunya akan lebih lama dari sekolah pelaksana Dual Curriculum lain, yaitu selama 1 bulan. Hal ini dikarenakan pada proses PPDB SMAN Sumatera Selatan terdapat banyak variabel yang akan dinilai selain nilai akademik siswa,” ujar M. Ridwan Aziz, M.Pd, Plt. Kepala SMAN Sumatera Selatan.

“Terkait survey mengenai SMAN Sumatera Selatan yang pernah dilakukan sebelumnya, kami menginformasikan bahwa untuk tahun ajaran 2018/2019 pendaftaran SMAN Sumatera Selatan tidak membuka kelas berbayar dan tetap hanya diperuntukkan bagi siswa dari keluarga prasejahtera,” imbuhnya.

SMAN Sumatera Selatan berencana kembali menerima jumlah siswa sampai dengan 100 orang, dengan skema sistem Bantuan Pendidikan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Bantuan pendidikan yang dimaksud mencakup biaya pendidikan, akomodasi, biaya makan, buku pelajaran, tunjangan kesehatan dan seragam.

Adapun persyaratan dasar diantaranya adalah:

  1. Warga Negara Indonesia berusia 14-16 tahun yang duduk di kelas 9 SMP/MTs di Prov. Sumatera Selatan.
  2. Memiliki nilai akademik rata-rata mata pelajaran B. Indonesia, B. Inggris, Matematika, IPA, dan IPS minimal 82.0 (Semester 1-5).
  3. Peringkat 5 besar di kelas (semester 5).
  4. Memiliki prestasi akademik/non akademik.
  5. Mampu berbahasa Inggris aktif.
  6. Berasal dari keluarga prasejahtera (dibuktikan dengan menyertakan rekening listrik, slip gaji orang tua, atau surat keterangan tidak mampu dari kelurahan/Kepala Desa).
  7. Jumlah penghasilan orang tua maksimal Rp. 3.000.000.- atau pendapatan kotor maksimal Rp. 750.000.-/kepala.
  8. Melakukan pendaftaran secara online dan melengkapi formulir aplikasi di website SMAN Sumatera Selatan serta mengunggah dokumen pendukung.

SMAN Sumatera Selatan berusaha agar informasi penerimaan siswa baru ini sampai kepada semua masyarakat yang membutuhkan di seluruh Sumatera Selatan. “Agar para calon siswa bisa mendapatkan informasi dengan jelas, kami juga melakukan sosialisai melalui media sosial baik Facebook maupun Instagram, juga website SMAN Sumatera Selatan di alamat: smansumsel.sch.id” papar Eibi Pramitha Miranda, S.Pd, Ketua Panitia PSB tahun ajaran 2018/2019.

Mengenai pelaksanaan tes masih sama dengan tahun sebelumnya, akan dilaksanakan di Palembang baik untuk peserta dari Palembang maupun luar Palembang. Tes yang akan dilaksanakan meliputi tes potensi akademik, wawancara dan diskusi, yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa secara lebih mendalam sehingga potensi siswa/ bisa dilihat secara utuh. Tes tahap 2 yang rencana akan dilaksanakan pada minggu ke III Maret 2018 ini akan diikuti oleh 200 siswa terpilih yang lulus seleksi dokumen pada tahap 1.

Batas akhir pengiriman dokumen pendukung PPDB SMAN Sumatera Selatan adalah tanggal 19 Februari 2018 (cap pos). Untuk pengumuman sendiri dijadwalkan pada minggu ke IV April 2018. Jadwal ini sewaktu-waktu bisa berubah mengikuti kondisi yang ada. RIL




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *