full screen background image

Calon Gubernur dan Kepala Daerah Se-Sumsel Jalani Berbagai Tes di RSMH

PALEMBANG, PE – Empat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) bersama para pasangan calon Bupati-Wakil Bupati dan Walikota-Wakil Walikota menjalani berbagai tes mulai dari psikotes hingga kesehatan dilakukan di Rumah Sakit Moh Husein (RSMH) Palembang.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Sumsel, Dr KH Rizal Sanif SPOG (K) MARS mengatakan, hasil dari pemeriksaan yang dilakukan akan disampaikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi dan KPU Kabupaten/kota 15 hingga 16 Januari 2018 mendatang.

“Tidak ada pemeriksaan pembanding, yang jadi problem dan sedang disesuaikan waktunya adalah bila ada pemeriksaan lanjutan yang masih kita atur hingga pleno tim pemeriksa 15 Januari 2018 mendatang,” ujarnya, Kamis (11/1).

Sementara untuk pemeriksaan sendiri terdiri dari USG abdomen, EKG, treadmill tes, echo cadiografi, rontgen thorax, spirometri, Audiometri, EEG, dan pemeriksaan laboratorium mulai dari darah hingga narkoba.

“Pemeriksaan yang kita lakukan ini dilaksanakan secara bersamaan terhadap calon kepala daerah di sembilan Kabupaten/kota serta calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel ” katanya.

Dia menjelaskan, pemeriksaan kesehatan suatu hal yang rawan karena hasil tes bersifat final dan mengikat. Karena itu perlu pemahaman calon terhadap hasil tes sebagai penentu penentapan peserta.

Menurut dia, pemilihan RSMH sebagai tempat pemeriksaan karena merupakan salah satu Rumah Sakit dengan fasilitas terlengkap di Sumsel. RSMH termasuk sebagai Rumah Sakit Tipe A.

Sehingga, jika ditemukan sesuatu terhadap calon kepala daerah dan butuh pemeriksaan lanjutan dapat segera dilakukan di tempat yang sama. “Tim pemeriksa kesehatan hanya memberikan rekomendasi, memenuhi syarat atau tidak. Untuk penentuan kita serahkan ke KPU yang akan mengumumkan hasilnya,” jelas Rizal.

Sementara itu, Ketua KPU Sumsel, Aspahani mengatakan, hasil yang diterima KPU Sumsel dan jajarannya berupa keterangan bahwa bakal calon tersebut memenuhi syarat kesehatan atau tidak memenuhi syarat kesehatan (TMS).

“Bila tidak memenuhi akan digantikan dengan waktu yang tidak terlalu lama, kami berharap mendapatkan calon terbaik dalam memimpin Sumsel,” tegasnya. KUR




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *