full screen background image

Cetak 142,21 Hektar Sawah Baru

MUSIRAWAS, PE – Komando Distrik Militer (Kodim) 0406/Musirawas bekerjasama dengan Kementerian Pertanian RI merealisasikan program percetakan sawah baru yang kali ini sedang dilaksanakan di wilayah Kec. Sumber Harta dan di Kec. Megang Sakti Kab. Musirawas, Rabu (10/1).

Kegiatan ini dilakukan untuk memaksimalkan pencapaian hasil dalam program perluasan cetak sawah baru, nantinya akan diserahkan ke masyarakat pemilik lahan. Dengan harapan dapat dipergunakan dan dimanfaatkan untuk bercocok tanam dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Dengan pengolahan lahan cetak sawah baru menggunakan excavator ini diharapkan para petani akan lebih mudah mengolah lahannya serta dalam perawatan tanaman lebih gampang lagi sehingga dapat menghasilkan panen yang lebih baik, kebutuhan pangan dapat terpenuhi dan bahkan dengan meningkatnya hasil panen akan mendukung program pemerintah dalam ketahanan pangan Nasional.

Komandan Kodim 0406/Mura melalui Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kapten Inf Muhammad Assad mengatakan, cetak sawah baru di wilayah Kodim 0406/Mura ditargetkan seluas 500 hektar yang tersebar di tiga Kabupaten/Kota wilayah teritorial Kodim 0406/Mura.

“Sampai saat ini dari target cetak sawah baru seluas 500 hektare, baru terealisasi 142,21 hekter atau 28,44% yang tersebar di tiga wilayah Kabupaten/Kota,” terang Pasiter.

Lebih lanjut Kapten Inf Muhammad Assad menyampaikan, penggunaan dua alat berat berupa excavator, program percetakan sawah baru mencapai 1,2 hektare yang terletak di Desa Jambu Rejo Kec. Sumber Harta Kab. Mura seluas 0,7 hektare dan di Desa Megang Sakti V Kec. Megang Sakti Kab. Mura seluas 0,5 hektare.

”Lahan yang dicetak jadi sawah awalnya berupa semak belukar dan ditumbuhi pepohonan, saat ini sudah berbentuk sawah, ada pematang dan saluran air,” ujar Pasiter.

Sementara itu Danramil 406-04/Muara lakitan Kapten Inf Maryono yang tampak ikut terjun langsung ke lahan cetak sawah menyampaikan, para anggota Babinsa terus melakukan pendampingan dalam program cetak sawah baru ini, diharapkan target yang telah ditetapkan dapat tercapai, yang pada akhirnya masyarakat dapat memiliki lahan sawah untuk menanam padi dan diharapkan dapat dimanfaatkan guna peningkatan kesejahteraan rakyat.

“Semua ini dilakukan untuk memaksimalkan pencapaian hasil dalam program perluasan cetak sawah baru, nantinya akan diserahkan ke masyarakat pemilik lahan. Dengan harapan dapat dipergunakan dan dimanfaatkan untuk bercocok tanam dan meningkatkan kesejahteraan rakyat,” terang Danramil. RIL




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *