full screen background image

Dinilai Rugikan Negara Rp 500 Juta, Ketua Gapoktan Sodirin Ditahan

BANYUASIN.PE- Dinilai merugikan uang negara dalam kasus dugaan korupsi IP 200 tahun 2016 di Desa Jalur Mulya Kecamatan Muara Sugihan, Ketua Gapoktan Sodirin akhirnya ditahan Kejaksaan Negeri Kabupaten Banyuasin, Kamis (11/1) Pukul 16.00 WIB, di Rutan Pakjo Palembang.

Tersangka Sodirin (65) merupakan warga Jalur Mulya No 36 RT 05/02 Kecamatan Muara Sugihan Kab Banyuasin, ditahan Kejari Kabupaten Banyuasin setelah statusnya ditingkatkan dari saksi menjadi tersangka yang dibuktikan dengan dua alat bukti.

Hal itu dibenarkan Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Banyuasin LA Kamis, bahwa pihaknya telah menahan Ketua Gapoktan Jalur Mulya Kecamatan Muara Sugihan Sodirin. Selain itu, Kejari juga menyita sejumlah dokumen berkaitan kasus IP 200 yang dibiaya APBN Kementrian Pertanian 2016 sebesar Rp 3.072.000.000.

“Setelah dilakukan beberapa kali pemeriksaan terhadap tersangka Sodirin dan saksi-saksi, kami (Kejari) menetapkan jadi tersangka dan langsung dilakukan penahanan di Lapas Tipikor Pakjo Palembang, “tegasnya.

Penahanan terhadap tersangka yang didampingi Penasihat Hukum Zainal Arifin, selama 20 hari kedepan. “Tersangka Sodirin diduga telah merugikan uang negara sebesar Rp 500 juta, dari nilai proyek program pengembangan irigasi rawah pasang surut tahun 2016,”jelasnya

Hanya saja, dia berharap minta dukungan dari BPKP hasil audit kerugian negara karena diawal tahun ini disibukkan sehingga akan tertunda. Sebab, sejak Desember 2017 lalu telah melayangkan surat minta audit kepada BPKP. “Mudah-mudahan dukungan BPKP. Setelah lengkap kasus ini dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Kelas I Palembang,” jelasnya. BUD




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *