full screen background image

Rumput Gulma Resahkan Petani Taraman Jaya

MARTAPURA,PE-Para petani di Desa Taraman Jaya, Kecamatan Semendawai Suku III saat ini resah, akibat serangan tanaman jenis rumput gulma yang memenuhi areal persawahan petani. Akibat banyaknya tumbuhan perusak ini, membuat tumbuh kembang bibit padi menjadi terganggu sehingga anak padi menjadi berkurang.

“Gulma jenis rumput ini tumbuh kembangnya sangat cepat, baik di dalam air maupun di lahan kering. Meskipun sudah disemprot dengan pestisida lima hari gulma akan mati, tapi berkembang lagi, bahkan lebih subur,” kata Panca Saputra (33), salah seorang petani di Desa Taraman Jaya, Kecamatan Semendawai Suku III, Jumat (12/1).

Sementara Kadin Pertanian OKUT, Ruzuan saat dikonfirmasi membenarkan adanya serangan gula di areal persawahan para petani tesebut. Pihaknya sudah menurunkan tim untuk memantau langsung ke area tersebut, untuk memberikan imbauan kepada para petani.

“Kami sudah memonitor dan disarankan untuk petani selalu memelihara tanamannya. Prinsip dari Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu (SL PHT) petani harus memelihara dan mengamati tanamannya, tindakan pengendalian harus selalu dilakukan. Penggunaan bahan kimia adalah alternatif terakhir,” kata Ruzuan singkat. MAN




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *