full screen background image

Babinsa Kamboja Bangun Komsos di SMKN 1 Palembang

PALEMBANG, PE – Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 418-06/ Kamboja membangun komunikasi sosial (komsos) dengan berpartisipasi dalam lomba Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di SMKN 1 Palembang, Sabtu (13/1).

Komsos yang dibangun di kalangan remaja ini dilakukan sebagai upaya dalam pembentukan generasi muda berjiwa patriotisme, nasionalisme, displin dan lainnya.

Komandan Kodim (Dandim) 0418/Palembang Letkol Inf Romas Herlandes mengapresiasi penyelenggaraan Paskibraka di SMKN 1 Palembang. Oleh sebab itulah, perlombaan tersebut dimanfaatkan dengan ikut berpartisipasi dalam membangun komunikasi sosial.

“Babinsa kita ikut berpartisipasi dalam membangun komsos betsama generasi muda,” kata Dandim didampingi Danramil/Kamboja Kapten Inf Widodo, Sabtu (13/1).

Lebih jauh dia menjelaskan, lomba paskibraka tingkat Kota Palembang ini juga dimanfaatkan dengan memberikan pemahaman kepada siswa terkait ilmu baris berbaris. Hal ini dilakukan agar tidak ada kekeliruan dalam teknik berbaris.

“Kegiatan Paskibraka ini bisa meningkatkan kedisplinan siswa,” ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Palembang Ekspres, lomba Paskibara Tingkat Kota Palembang ini dimanfaatkan prajurit Koramil 418-06/Kamboja untuk memperbaiki tata cara dalam berupacara. Pelaksana teknis tersebut langsung dipimpin Danramil/Kamboja Kapten Inf Widodo.

Kepala SMKN 1 Palembang Dra Hijrah Baiti mengatakan, ada 20 sekolah tingkat menengah yang terlibat dalam kegiatan lomba paskibra yang digelar oleh Orientasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) tersebut.

Menurutnya, kegiatan tersebut untuk mencegah siswa dari kegiatan yang negatif dan mengajak siswa untuk menyibukkan diri mengejar prestasi. “Ini kegiatan perdana, kita sudah menyiapkan piala bergilir. Tahun depan juga akan kita lakukan lagi,” ungkapnya.

Dijelaskannya, kegiatan yang dinamakan lomba Paskibraka Sakti Competition ini akan berlangsung selama dua hari yakni mulai tanggal 13-14 Januari 2018 yang dipusatkan di lapangan SMKN 1 Palembang.

Selain lomba LTBB, ungkapnya, dalam kegiatan tersebut juga mempertandingkan berbagai cabang lomba lainnya seperti lomba kategori pengibaran bendera, formasi kresasi dan pembukaan UUD.

“Ide kegiatan ini murni dari siswa. Pelaksanaan juga sepenuhnya dikuatkan oleh siswa. Kita pihak sekolah hanya mensupport dan membantu kekurangan baik masalah teknis maupun pendanaan,” terangnya. RIS




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *