full screen background image

Jumlah DP4 Prabumulih 132.321 Jiwa

PRABUMULIH.PE–Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Prabumulih, telah menerima Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Tercatat, ada 132.231 pemilih yang tersebar di 445 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Prabumulih.

Dan pada 20 Januari 2018 hingga 18 Febuari 2018, akan segera dimuktak hirkan atau dilakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) oleh Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP).

Komisioner Teknis dan Penyelenggaraan KPUD Prabumulih, Wawan Irawan menerangkan, PPDP akan memutakhirkan data pemilih langsung ke rumah-rumah, untuk memastikan kalau pemilih yang ada di DP4 tersebut benar.

“DP4 tersebut sifatnya sementara, setelah dimutakhirkan baru tetap. Jumlahnya juga bisa berkurang dan bertambah, tergantung hasil pemutakhiran data oleh PPDP,” jelasnya, Minggu (14/1).

Alasan dilakukannya pemutakhiran ini, kata Wawan, karena penduduk yang berumur minimal 17 tahun paling lambat per-27 Juni 2018, sudah punya hak pilih. Selain itu, ada kemungkinan pada DP4 tersebut dicoret, seperti meninggal dunia, masuk TNI/Polri, pindah alamat, dan dicabut hak pilihnya.

Untuk itu, Wawan mengimbau, warga untuk secepatnya melakukan perekaman identitas di Disdukcapil, agar dapat memiliki KTP-el. “Atau bisa memegang Surat Keterangan (Suket) yang dikeluarkan oleh Disdukcapil. Kalau tidak punya keduanya, meski sudah terdaftar sebagai pemilih, kemungkinan tidak bisa memilih atau mencoblos,” pungkasnya. RAY




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *