full screen background image

Kesbangpol Banyuasin Targetkan Partisipasi Pemilih Meningkat

BANYUASIN.PE-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin melalui Kesbang Pol Banyuasin ikut berperan dalam upaya meningkatkan angka partisipasi pemilih di Kabupaten Banyuasin, yang ditargetkan minimal 77, 6 Persen.

Berdasarkan pangalaman empat pemilu terakhir yakni Pilkada Bupati/Wakil Bupati, Gubernur/Wakil Gubernur tahun 2013, Pileg serta Pilres tahun 2014, angka partisipasi masih cukup rendah berkisar 64,99 persen.

Untuk mencapai target tersebut pada pilkada 2018, Kesbangpol Banyuasin terus melakukan sosialisasi Pemilu yang melibatkan masyarakat umum dan pemilih pemula. Seperti sosialisasi Undang-undang Politik, Selasa (6/2) pukul 09.00 Wib di Gedung Graha Sedulang Setudung.

“Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin serta Pilgub Sumsel 27 Juni 2018 ini berbagai upaya terus dilakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, kita berharap mencapai target itu,”ujar Drs H Indra Hadi, MSi Kepala Dinas Kesbang Pol Banyuasin, kemarin.

Dengan kegiatan Sosialisasi Undang-undang Politik pada Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Banyuasin tahun 2018, pihaknya melibatkan berbagai komponen, Parpol, ormas, OKP, ASN hingga Pelajar. Adapun tema sosialisasi ini “mari kita tingkatkan partisipasi pemilih pada Pikada Banyuasin”.

“Undang-undang Politik ini merupakan dasar hukum dari pelaksanaan pemilu, maka perlu dipahami dan diketahui oleh masyarakat, maka kami nilai perlu dilakukan sosialisasi,”katanya.

Untuk itu dia berharap pada Pilkada ini, ada peningkatan partisipasi pemilih untuk memberikan hak suara pada pemilu ataupun pilkada nanti. “Sosialisasi ini bagian dari upaya kita untuk menggenjot Partisipasi Pemilih di Banyuasin ini, “tegasnya.

Sekda H Firmansyah menilai, sosialisasi ini perlu dilaksanakan dalam upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Dia mengimbau semua pihak untuk menjaga suasana kondusif di Banyuasin jelang pilkada serentak ini. “Jangan Pilkada merusak persatuan dan kesatuan. Jangan selalu berpikir primordial kesukuan dan agama, suksesnya Pilkada jadi tanggungjawab kita semua, mari kita ciptakan suasana yang kondusif, “pungkasnya.

Seperti diketahui hadir sebagai narasumber Dedi Taryadi SH MSi Kasubdit Fasilitasi Lembaga Pemerintahan dan Perwakilan dan H Ricard Chahyadi AP Msi, dengan moderator Dr Adrian Saftawan Msi Wakil Dekan Fisip Unsri. BUD.

 

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *