full screen background image

Pemuda Ranau Rintis Pusat Oleh-oleh Galeri Desaku

MUARADUA. PE – Kawasan wisata Danau Ranaua belakangan kian berkembang, mulai berdanpak terhadap kesadaran pemuda dan masyarakat setempat untuk lebih  kreatif. Seperti dilakukan sejumlah pemuda, dengan mendirikan pusat oleh-oleh dan kerajinan tangan disisi pantai.

Rumah kreatif “Galeri Desaku” terletak disisi Danau Ranau , Desa Surabaya, Kecamatan Banding Agung, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, mulai menyita perhatian wisatawan luar daerah.

Penggagas yang sekaligus pemerhati Seni dan Budaya OKU Selatan, Herman Monpera mengatakan, bilik kreatif diberi nama ‘Galeri Desaku’ merupakan wadah dalam menampung hasil kerajinan tangan masyarakat seluruh wilayah Kecamatan Kabupaten OKU Selatan.

“Bangunan didirikan bersama dengan kalangan pemuda desa ini demi mendorong kemajuan wisata Danau Ranau dan semakin melengkapi fasilitas wisatawan yang datang ke sini,” ungkapnya, Ahad (11/2). ‎Diungkapkannya, galeri menjadi pusat kerajinan tangan dan oleh-oleh tersebut kedepannya ditargetkan mampu menampung hasil kerajinan tangan dan makanan khas setiap wilayah Kecamatan.

“Kerajinan tangan dan makanan hampir setiap wilayah Kecamatan yang terdiri dari berbagai suku penduduk asli daerah kita, nanti akan menjadi oleh-oleh semua wisatawan datang ke sini,” tambahnya.

Menurutnya, saat ini berbagai hasil kerajinan tangan dan makanan khas lokal dengan berbagai jenis dan motif sudah mulai dipajang di sana, seperti, topi, tas dan berbagai jenis makanan seperti, lempok.

“Makanan dan kerajinan tangan kami jual berbeda-beda mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 50.000, tergantung dengan motif diinginkan oleh wisatawan dan makanan harganya bervariasi,” terangnya.

Dia menambahkan, pihaknya bersama dengan kalangan pemuda lokal akan terus berkreasi dengan menambah berbagai fasilitas, seperti kedai kopi, warung makanan bagi kalangan wisatawan Danau Ranau. DRE

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *