Home Parlemen & Politik Zainal Abidin Calon Kuat Ketua DPRD Kota Palembang

Zainal Abidin Calon Kuat Ketua DPRD Kota Palembang

0

PALEMBANG, PE – Usai keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Palembang menetapkan 50 calon legislatif (caleg) terpilih DPRD Palembang periode 2019-2024.

Penetapan perolehan kursi dan calon wakil rakyat di DPRD Kota Palembang, dilakukan Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana, Senin (12/8) di Hotel Swarna Dwipa Palembang.

Penetapan yang dilakukan KPU Sumsel ini, karena 5 komisioner KPU Palembang di non aktifkan, dan telah divonis bersalah melakukan tindak pidana pemilu oleh pengadilan.
Dimana, terdapat sembilan partai politik dipastikan yang ada perwakilannya di DPRD kota Palembang hasil pemilu 7 April 2019 lalu, parpol tersebut akan mengisi 50 kursi yang tersedia untuk periode 2019- 2024 sesuai dengan SK nomor: 418/PL.01.9-kpts/1671/KPU-Kot/VIII/2019.

Partai Demokrat dipastikan menjadi pemenang pada pemilu legislatif ditingkat DPRD kota Palembang, dimana partai yang diketuai Walikota Palembang Harnojoyo itu meraih 9 kursi dari 50 kursi tersedia di 6 Daerah Pemilihan (Dapil) yang ada.Jumlah ini naik 2 kursi dibanding pemilu 2014 lalu, dimana partai Demokrat hanya meraih 7 kursi dan berhak kursi Wakil Ketua DPRD Palembang dibawah PDI Perjuangan.

Dari 9 kursi Demokrat itu, terdapat wajah- wajah baru diantaranya anak (M Arnisto) saudara dan keponakan Harnojoyo (Yuriana dan Ferry Anugrah), yang baru pertama kalinya maju di Pileg dan langsung lolos.

Namun terdapat juga muka lama seperti Zainal Abidin yang merupakan peraih suara terbanyak, kemudian ada Muliadi dan Pomi Wijaya. Keputusan KPU Kota Palembang, tertuang dalam Nomor : 417/PL.01.9-Kpt/1671/KPU-Kot/VIII/2019. Ketua KPU Sumsel, Kelly Mariana mengatakan bahwa, setelah rapat pleno ini, KPU akan menyerahakan salinan surat keputusan tersebut kepada Gubernur Sumsel dan Walikota Palembang.
“Jika tidak ada halangan anggota DPRD Kota Palembang, akan dilantik pada 30 September,” ujar Kelly.

Dari hasil perolehan suara tersebut Anggota DPRD terpilih Zainal Abidin partai Demokrat meraih suara terbanyak yang mencapai 14.858 kemudian disusul Ali Subri meraih suara 12.089 (Nasdem) keduanya berasal dari Dapil VI yang sama.

Zainal Abidin peraih suara terbanyak dan calon kuat ketua DPRD Kota Palembang merasa sangat bersyukur dengan hasil tersebut sehingga kedepan dirinya akan mencoba bekerja lebih baik lagi untuk masyarakat Palembang. ”Insya allah jika saya diberi amanat menjadi Ketua saya akan bekerja untuk rakyat,”ujarnya.

Sementara itu, Wakil ketua DPW PAN Sumsel, M Syarif mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Palembang yang telah memilih caleg PAN pada pileg lalu. Ini menjadi penyemangat bagi PAN untuk selalu bersama masyarakat Palembang.

“Kita meraih kursi pimpinan ke 4, karena memang kita unggul jauh dibandingkan dengan PKB meskipun perolehan kursi sama, dulu kita hanya mendapatkan 3 kursi namun sekarang kita meraih 6 kursi,”jelas dia.
Dari hasil penetapan tersebut Demokrat meraih kursi ketua DPRD dengan meraih 9 kursi, kemudian Gerindra 8 kursi disusul PDIP dengan 7 kursi dan terakhir PAN 6 kursi. JAN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here