Home Pendidikan 15.000 Siswa Berpartisipasi dalam Erlangga Talent Week 2019

15.000 Siswa Berpartisipasi dalam Erlangga Talent Week 2019

0
Salah seorang peserta saat berpidato bahasa Inggris saat mengikuti Erlangga English Speech Contes yang diselenggarakan PT Erlangga Cabang Palembang sejak tanggal 24 hingga 27 September 2019.

JAKARTA, PE — Setelah sukses terselenggara di tahun 2018 lalu, Erlangga Talent Week (ETW) 2019 kembali hadir menyuguhkan berbagai aktivitas perlombaan, unjuk bakat dan kreativitas, hiburan, serta pameran buku pendidikan bagi siswa, guru, orang tua dan masyarakat umum.

Setidaknya ada 15.000 siswa, guru maupun masyarakat umum berpartisipasi dalam even bergengsi ini.

Terlebih, ETW 2019 berbeda dengan tahun lalu, penyelenggaraan ETW tahun ini dibagi dalam dua acara yaitu Road to ETW yang berlangsung 1-4 Oktober 2019 di Main Atrium Lotte Shopping Avenue dan acara puncak Erlangga Talent Week itu sendiri yang akan berlangsung 5-6 Oktober 2019 di Ciputra Artpreneur Theater. Dalam event ini, Penerbit Erlangga berkolaborasi dengan mitra utamanya yakni Solidaritas Erlangga (SOGA).

Media Relation Penerbit Erlangga, Arief Kurniawan, menjelaskan ada empat kompetisi utama yang dilombakan dalam Erlangga Talent Week 2019, yaitu Erlangga English Speech Contest tingkat SD, SMP, SMA, SMK sederajat, Modern Choir tingkat SD dan SMP sederajat, Traditional Dance tingkat SMA/K, dan Battle of The Band tingkat SMA/K, serta Perguruan Tinggi.

“Acara Road to ETW terdiri atas babak penyisihan dan semi final lomba. Hampir 15 ribu siswa dan mahasiswa secara nasional telah mendaftar di Road to ETW ini. Mereka akan bersaing untuk menjadi yang terbaik di Erlangga Talent Week 2019,” jelasnya.

Sementara itu, untuk menambah gaung pelaksanaan kegiatan Road to ETW dan Erlangga Talent Week 2019, maka pada Rabu, 2 Oktober 2019 panitia penyelenggara mengadakan press conference yang berlangsung di panggung utama Road to ETW, Main Atrium Lotte Shopping Avenue, Karet-Kuningan, Jakarta Selatan.

Tema dalam press conference ini adalah “Peranan Orang Tua dalam Mengembangkan dan Mengasah Bakat Anak Generasi Z”. Sebelumnya, kita sering mendengar istilah generasi Milenial dan generasi Y. Saat ini muncul generasi baru di bawahnya yakni generasi Z (kelahiran 1995-2010).

“Anak generasi Z sangat identik dengan akses Internet (media sosial) yang tinggi, akses informasi yang sangat mudah dan cepat, sehingga mendukung keberagaman bakat dan talenta yang mereka miliki. Untuk itu, dalam acara ini akan dibahas seperti apa peran orang tua dalam membantu anak mengembangkan dan mengasah bakatnya serta manfaat apa yang diperoleh dari mengikuti kegiatan lomba atau kompetisi,” paparnya.

Untuk membahas itu semua, hadir sebagai narasumber press conference yaitu Arief (Direktur Pemasaran Penerbit Erlangga), Christian Sugiono (Public Figure: pengusaha, aktor), Rama Nidji (Musisi/Drummer Band Nidji), Vera Itabiliana (Psikolog Anak Remaja), Pitut Aprilia (Ketua POMG/Persatuan Orangtua Murid dan Guru SMP Labschool Kebayoran), Tabitha Anya (Juara Nasional Erlangga English Speech Contest 2018) dan moderator Andromeda Mercury (News Anchor TV One).

Arief Subahagiyo, selaku Direktur Pemasaran Penerbit Erlangga menyatakan bahwa generasi Z saat ini dihadapkan oleh banyak pilihan dan kesempatan untuk berekspresi, namun membutuhkan arahan yang sesuai. Pada kenyataannya, generasi Z Indonesia kurang mendapatkan kesempatan dan wadah yang baik untuk mengasah bakatnya.

“Di sini kami ingin membuka kesempatan dan wadah itu yakni melalui penyelenggaraan Erlangga Talent Week,” ujarnya.

Ia menambahkan, dengan mengikuti event ini diharapkan dapat melatih disiplin, fokus, dan konsentrasi generasi Z, Erlangga Talent Week juga merupakan ajang untuk melatih mental dan belajar untuk fokus pada tujuan dan konsistensi. Melalui event ini diharapkan mereka mengalahkan ego saat berjuang, dan bisa belajar dari kegagalan.

“Selain itu Erlangga Talent Week diharapkan dapat membantu para generasi Z untuk fokus dalam mengembangkan minat mereka dan memotivasi diri sendiri,” harapnya.

Sebelumnya, ada 1.800 siswa seleksi Erlangga English Speech Contest (EESC) 2019 yang diselenggarakan PT Penerbit Erlangga Palembng. Even pidato berbahasa Inggris untuk tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Para juara untuk setiap tingkatan ini nantinya akan dikirim ke tingkat Grand Final yang diselenggarakan di Ciputra Artpreneur Theater Jakarta, 6 Oktober nanti. Diketahui, para pemenang yang akan berlaga di Jakarta yakni Athaya Putri Edwar (SD Kusuma Bangsa), Amanda Sela Sabina (SMPN 1 Palembang) dan Fauzi Asyidiqi (SMA IT Al Furqon).

Marketing Communication (Marcomm) PT Penerbit Erlangga Cabang Palembang, Andika Budiono menjelaskan, even EESC 2019 diselenggarakan sejak 24 hingga 27 September 2019.

“Karena antuasias peserta begitu besar sehingga proses penseleksian kita lakukan di sekolah masing-masing. Selanjutnya terpilih dua orang siswa masuk ke semi final yang diselenggarakan di kantor Erlangga Palembang,” jelasnya.

Dalam babak semi final ini, sambung dia, para peserta menyampaikan pidato dengan materi yang dipilih berdasarkan tema yang ditetapkan panitia dalam waktu lima menit.

“Khusus juara satu akan dibawa ke Jakarta untuk dipertemukan juara lain di seluruh Indonesia. Untuk cabang Palembang sendiri kita sudah mempersiapkan tropi, sertifikat dan uang pembinaan masing-masing Rp1,5 juta, Rp1,250 juta dan Rp1juta. Sementara tingkat nasional dipersiapkan uang pembinaan Rp10 juta untuk juara satu, Rp7juta juara dua dan terakhir Rp5juta untuk juara tiga,” sebut dia.

Kepala PT Penerbit Erlangga Cabang Palembang, Herianto BS SE MM menjelaskan, EESC merupakan upaya kepedulian Penerbit Erlangga perkembangan dan kemajuan dunia pendidikan, salah satunya memotivasi siswa untuk bisa berbahasa Inggris.

“EESC telah berlangsung sejak tahun 2012, tujuannya membudayakan semangat bersaing positif dan sportif di kalangan siswa. Kemudian mengembangkan keterampilan verbal berbahasa Inggris serta menciptakan wadah bagi siswa Indonesia untuk menampilkan kemampuan dan keberanian menyampaikan gagasan di depan umum,” jelasnya.

Dia menyebutkan, EESC 2019 sendiri diselenggarakan serentak di 11 kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Medan, Palembang, Pekanbaru, Surabaya, Samarinda, Makassar dan Bali.

“Penerbit Erlangga menyelenggarakan even tersebut. Kegiatan ini merupakan event eksklusif Penerbit Erlangga bekerjasama dengan 2madison Gallery dalam rangka turut serta menumbuhkan bakat dan kreatifitas anak bangsa khususnya untuk para pelajar, guru, orang tua, masyarakat umum,” jelasnya. RIS/RIL

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here