Home Headline News IAD Peduli, 500 Wanita Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara

IAD Peduli, 500 Wanita Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara

0

PALEMBANG, PE – Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) diketuai Wahyu Susdiyarto dan Ketua Umum IAD, Ros Ellyana Prasetyo melakukan pemeriksaan kesehatan dengan menggelar kegiatan bulan peduli kanker payudara dan kanker serviks di Gedung Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel, Selasa (3/10). Dalam kegiatan ini setidaknya ada 500 orang wanita menjalani pemeriksaan deteksi dini kanker payudara dan serviks, oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumsel bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan difasilitasi ibu-ibu IAD Sumsel.

Kepala Dinkes Provinsi Sumsel, Dra Lesty Nuraini MKes mengatakan, kanker serviks dan payudara merupakan penyebab kematian cukup tinggi pada perempuan. Di mana, kanker ini biasanya menyerang perempuan yang usai masih produktif dari 30 sampai 50 tahun. “Untuk itu, kita menggelar kegiatan ini untuk pencegahan agar perempuan tidak terkena kanker serviks dan payudara. Karena ini perlu adanya deteksi dini. Dengan cepat diketahui maka bisa segera melakukan pengobatan, pengendalian kanker,” jelasnya. Dalam kegiatan ini kata dia, Dharmakarini Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel dengan Dinkes Provinsi Sumsel mengerahkan petugas kesehatan dari 40 puskesmas di kota Palembang, dalam satu hari kemarin memeriksa sebanyak 500 orang perempuan.

“Untuk Sumsel target 344 ribu perempuan dan ibu-ibu yang kita periksa, sedangkan sejak tahun 2015 sampai saat ini sudah 5.226 yang diperiksa. Ternyata ada sebanyak 1.870 wanita positif kanker serviks dan payudara, atau 38 persen. Artinya, ini cukup tinggi sehingga dari dini harus kita cegah,” tuturnya. Nuraini juga mengatakan, penyebab kanker ini belum diketahui, hanya sebagian besar karena pengaruh pola hidup hingga keturunan. “Untuk pencegahannya, segera kita temukan dan kita obati, melalui deteksi dini ini. Kuncinya untuk mengobati penyakit ini, segera ditemukan dan diobati,” tegasnya berulang kali.

Kedepan dia juga berharap untuk lebih mencapai cakupan yang lebih luas, dengan harapan perempuan Sumsel bebas dari kanker ini. “Saat ini fokus kita aktivitas fisik, makan buah dan sayur, asi ekslusif dan tidak merokok, cek rutin kesehatan agar bisa perempuan dan ibu-ibu kita lebih sehat,” tukasnya. Kajati Sumsel, Susdiyarto Agus Prapto mengatakan, kegiatan ini dalam rangka bulan peduli kanker serviks dan payudara terselenggara dengan Oase Kabinet Kerja. Di mana, Kejati Sumsel bekerjasama dengan Dinkes dan BPJS untuk pencegahan dini agar perempuan tidak terkena kanker serviks dan payudara.

“Sekitar 300 sampai 500 orang bisa mengikuti tes deteksi dini kanker serviks dan payudara. Kita harapkan perempuan Sumsel yang sehat, selain ini kita juga bagikan kartu sehat, yang bisa dimanfaatkan sebaik mungkin,” ujarnya. Sementara itu, Jaksa Agung HM Prasetyo mengakui kedatangannya ke Kota Palembang serasa pulang kampung lantaran pada tahun 1998 pernah bertugas di Palembang sehingga mengingatkan kenangan yang pernah ada. “Karena pentingnya peranan ibu-ibu dalam keluarga, ini merupakan hal yang penting, satu alat reproduksi satu lagi untuk asi. Karena ibu yang sehat juga akan melahirkan anak-anak yang sehat,” pungkasnya. JAN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here