Home Headline News Dorong Pola Hidup Bersih, Koramil Bangun Jamban

Dorong Pola Hidup Bersih, Koramil Bangun Jamban

0

MUARADUA, PE – Guna mendorong pola hidup bersih kepada masyarakat enam kecamatan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, personil Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat, Komando Resort Militer (Koramil) 403/08 Muaradua, kerja bakti membangunkan jamban. Komandan Koramil (Danramil) 403/03 Muaradua Kapten Arm Mazani, mengatakan, program gotong royong tengah digalakan merupakan momentum personil untuk mendekatkan diri ke masyarakat. Salah satunya melalui kegiatan pembuatan jamban kini menyasar warga miskin di desa dan kelurahan.

“Program pembuatan jamban masyarakat kurang mampu ini demi menularkan pola hidup bersih ke masyarakat khususnya di desa, dan mendukung program kerja kini sedang gencar dilaksanakan oleh pemerintah,” ungkap Mazani, Jumat (6/10). Dikatakanya, program pembuatan jamban melalui sistem gotong royong tersebut sementara waktu  menyasar Kepala Keluarga (KK) enam Kecamatan binaan Koramil Muaradua meliputi Buay Sandang Aji, Buay Rawan, Tiga Dihaji dan Buay Runjung, Runjung Agung serta Kecamatan Muaradua.

“Pembuatan jamban ini dilakukan di pemukiman warga Desa Pelangki, Muaradua, Desa Gunung Terang Kecamatan Buay Sandang Aji dan terakhir di di Kecamatan Buay Rawan mulai dari Desa Bumi Agung, Rantau Panjang dan Bumi Jaya,” jelasnya. Dia menambahkan, hingga akhir tahun mendatang ditargetkanya jajaran TNI Angkatan Darat (AD) Koramil Muaradua mampu membangun hingga 100 unit jamban rumah tangga miskin (RTSM) di tiga wilayah kecamatan sesuai usulan Kepala Desa.

“Sama halnya dengan tahun 2016 lalu. Ditahun ini kita targetkan membangun jamban sedikitnya100 unit. Pembukaan jalan desa, pembangunan akses jembatan tentunya dengan bekerja sama langsung dengan kepala desa di tiga kecamatan,” jelasnya. Di sisi lain, program gotong royong tersebut untuk lebih membentuk karakter personil TNI agar dekat dengan masyarakat desa sesuai wilayah binaan melalui masing-masing.. Tentu melalui karya nyata dengan membangun jamban, jembatan dan akses jalan penghubung masyarakat di setiap desanya. “Hari ini kita telah menyelesaikan pembangunan jamban di Desa Bumi Jaya. ‎Melalui program seperti ini diharapkan karya dari personil TNI bakal terus melekat dan diingat masyarakat,” pungkasnya. DRE

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here