Home Headline News Asyiknya Tunggangi Panser Anoa

Asyiknya Tunggangi Panser Anoa

0

PALEMBANG, PE – Bagi anda yang ingin menikmati sensasi menaiki kendaraan tempur (ranpur) milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) disarankan untuk datang ke Benteng Kuto Besak (BKB). Di sana, Komando Daerah Militer (Kodam) II Sriwijaya tengah menyelenggarakan pameran alat utama sistem pertahanan (alutsista) yang dimulai 4 Oktober hingga 6 Oktober nanti. Menariknya, masyarakat bisa menaiki dan diajak keliling menggunakan kendaraan tempur jenis Panser Anoa 4×6 dan Panser APR Anoa 4×4 milik Batalyon Kavaleri (Yonkav) 5/Serbu. Sensasi menunggangi salah satu alutsista ini hanya bisa dirasakan pada saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-72 yang diselenggarakan Kodam II/Swj.

Dari hasil pantauan Palembang Ekspres, antusias masyarakat untuk bisa menunggangi kendaraan tempur ini cukup besar. Warga rela menunggu giliran agar bisa menaiki kendaraan besi tersebut. Maklum, kendaraan tersebut hanya bisa dinaiki pada pukul 10.00 WIB dan pukul 15.00 WIB selama pameran alutsista berlangsung. Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) II/Swj, Letnan Kolonel (Letkol) Infanteri Imanulhak SSos menjelaskan, pameran alutsista melibatkan seluruh satuan baik TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU).

Dalam setiap satuan menampilkan beberapa alutsista seperti Pembekalan Angkutan Angkatan Darat Kodam (Bekangdam) II/Swj menampilkan Kapal Motor Cepat (2 unit), Batalyon Infanteri (Yonif) 200/Raider Mobil PJD (1 unit) dan Motor Engine (2 unit), Yonkav 5/Serbu menampilkan Panser Anoa 4×6 (2 unit) dan Panser APR Anoa 4×4 (2 unit), Batalyon Artileri Medan (Yonarmed) 15/105 MM/Tarik menampilkan Meriam 105, Batalyon Artileri Pertahanan Udara (Yonarhanud) 12/SBP Meriam 57 (2 pucuk) dan SMB 12,7 mm (2 pucuk) dan Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) 2/SG menampilkan Mobil Jihandak (1 unit).

Tak kalah saing, TNI Angkatan Laut menampilkan miniatur kapal, senjata mitraliur, perahu karet dan perlengkatan selam. Sementara TNI Angkatan Udara menampilkan miniatur pesawat dan uniform penerbang. “Ada alutsista baru yang ditampilkan yakni SMB 12,7 mm yang mampu meluncurkan tembakan hingga 17 kilometer,” jelasnya. Masih dalam rangkaian HUT TNI ke-72, Kodam II/Swj juga menyelenggarakan Upacara HUT TNI ke 72 yang dilaksanakan di Stadion Garuda Sriwijaya, Jasmani Militer Kodam (Jasdam) II/Swj Km 9, hari ini, Kamis (5/10). Dalam upacara ini, Kepala Staf Kodam (Kasdam) II/Swj, Brigjen TNI Marga Taufiq SH MH akan bertindak sebagai Inspektur Upacara.

“Sementara Pangdam II/Swj  Mayjen TNI AM Putranto, SSos akan bertugas sebagai Pengucap Sapta Marga para Upacara Parade HUT TNI terpusat yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, selaku Inspektur Upacara di Pantai Indah Kiat Cilegon, Banten,” jelasnya. Selain itu, Kodam II/Swj akan menyelenggarakan Sosio Drama Pertempuran 5 Hari 5 Malam dan Demo Pencak Silat. Pagelaran sosiodrama di bawah koodinator Kolonel Caj Thomas Sutaryo SSos, yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Ajendam II/Swj ini dimaksudkan untuk memelihara dan meningkatkan semangat kejuangan para prajurit TNI maupun masyarakat serta diharapkan mampu menteladani semangat kepahlawanan yang terkenal kegigihan, kepribadian dan semangat juang yang tidak kenal menyerah. “Prajurit yang terlibat dalam kegiatan upacara puncak ini sebanyak 1.100 prajurit. Kegiatan ini juga akan dimeriahkan Artis Ibukota Dua Anggrek dan Team Lo,” ujarnya. RIS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here