Home Sumsel Banyuasin Dari Bagi-Bagi Proyek PL sampai Pungli Rp 3 Juta

Dari Bagi-Bagi Proyek PL sampai Pungli Rp 3 Juta

0

BANYUASIN, PE – “Hanya keledai yang jatuh kelubang yang sama kedua kalinya”. Seperti itulah pepatah yang tepat mengungkapkan prilaku buruk saat ini terjadi di Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga Pariwisata (Disdikporapar) Kabupaten Banyuasin.

Sejarah kelam pernah terjadi Disdikporapar Banyuasin ditahun lalu, sampai membuat mantan Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian dan Kepala Dinas Pendidikan Umar Usman serta anak buahnya Sutaryo kena OTT KPK akibat proyek Ijon.

Sayangnya, hal itu kembali terulang dugaan jika ada oknum di Disdikporapar Banyuasin disebut telah menerima suap Proyek PL. Hal itu disampaikan Ketua PMPB Banyuasin Kamaludin didampingi Sekretaris Alpian Soho kepada Palembang Ekspres.

Ada beberapa hal yang disoroti diantaranya :

1. Proyek Penunjukan Langsung (PL) tidak profesional dan menyalahi aturan karena ada sejumlah perusahaan bisa dapat mengerjakan 2 dan 3 proyek. , lagi tidak pakai CV pendamping.

3. Pungutan biaya Surat Perintah Membayar (SPM) Rp 500 ribu, Biaya Pembuatan Gambar berkisar Rp 2 juta sampai Rp 3 Juta.

3. Untuk mendapatkan proye PL tersebut, pihak rekanan harus memberikan uang setoran duluan (Ijon) sebesar Rp 10 Juta sampai Rp 15 juta.

Kata Kamaludin, masalah ini sudah dilaporkan kepada pihak Inspektorat Kabupaten (Irkab) Banyuasin dan Bupati Banyuasin SA Supriono untuk ditindaklanjuti, sejak sebulan yang lalu. Pihaknya meminta agar persoalan ini ada tindakan tegas dari Bupati Banyuasin SA Supriono.

“Ya, rencana kami akan melayangkan surat kembali kepada Bupati Banyuasin SA Supriono minta ketegasan terkait hal ini. Jika tidak ada tanggapan kami akan mengelar aksi (demo) di Kantor Bupati Banyuasin,”katanya.

Senada dikatakan Efriadi Efendi Sekretaris LSM Fokus Banyuasin menyebutkan kurang lebih 50 proyek PL yang ada di Disdikporapar sama saja disebut Proyek Mani Piro. “Kami akan terus kawal kasu proyek PL Disdikporapar Banyuasin. Kami minta kinerja Plt Kadisdikporapar dievaluasi,”katanya singkat. BUD

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here