Home Moto GP Dovizioso Menangi MotoGP Malaysia, Penentuan Juara Dunia di Valencia

Dovizioso Menangi MotoGP Malaysia, Penentuan Juara Dunia di Valencia

0

SEPANG.PEPerebutan gelar juara dunia MotoGP 2017 harus ditentukan pada seri pamungkas di Valencia, Spanyol, pada 12 November mendatang. Itu setelah Andrea Dovizioso (Ducati) mampu memenangi seri MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (29/10).

Di satu sisi, Marc Marquez (Repsol Honda) yang merupakan kandidat kuat peraih gelar juara dunia musim ini, hanya finis di posisi 4 (P4). Dengan begitu, Dovi masih memiliki peluang memperebutkan gelar juara dunia di Valencia mendatang.

Dengan keberhasilan Dovi finis pertama, dia kini mengoleksi 261 poin. Sementara itu, Marquez hanya mendapat tambahan 13 angka dan menjadi 282 poin. Marquez sendiri masih berpeluang lebih besar menjadi juara dunia lantaran unggul 21 poin. Pada seri di Valencia, dia hanya butuh 5 poin untuk juara. Artinya, minimal berada di posisi 11 di Valencia, Marquez dinobatkan sebagai juara MotoGP 2017.

Persaingan Dovi dan Marquez memang sangat ketat. Keduanya sama-sama meraih 6 kemenangan pada MotoGP musim ini. Dovi memang berambisi juara lantaran terakhir kali Ducati menjadi juara dunia pada 2007 silam lewat Casey Stoner. Di satu sisi, Marquez ingin kembali juara secara back to back. The Baby Alien – julukannya, adalah juara dunia bertahan MotoGP 2016.

Sepanjang kariernya, Marquez telah 3 kali menjadi juara dunia. Dia melakukannya pada 2013, 2014, dan 2016.

Kemenangan Dovi di Sepang pada kali ini semakin menegaskan dia berjodoh di sirkuit tersebut. Maklum saja, pada MotoGP Malaysia 2016, Dovi juga meraih kemenangan. Dia mampu memenangi persaingan dengan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Balapan di Sepang kali ini dilakukan di lintasan dalam kondisi basah. Maklum saja, beberapa saat sebelumnya hujan menggguyur Sepang. Start dari posisi ketiga, Dovi bisa dibilang kurang panas. Sementara, Marquez yang start dari posisi 7 juga menunjukkan performa apik.

Pada awal balapan, Marquez sempat berada di depan Dovizioso. Memasuki lap 9, justru Jorge Lorenzo (Ducati) yang mampu berada di depan setelah menyalip Johann Zarco. Tak beberapa lama, Ducati menyodok dan berada di urutan kedua di balakang rekannya, Lorenzo. Sedangkan Marquez berada di posisi keempat.

Lorenzo terus memimpin dan Dovi berusaha untuk menyalip. Pada akhirnya, saat memasuki lap kelima, tepatnya di tikungan 15, Dovi berhasil menyusul Lorenzo. Dovi berhasil mempertahankan posisinya tetap di depan sampai finis. Sedangkan Lorenzo tetap berada di P2. Posisi Marquez juga tak berubah dan mengakhiri balapan di P4.

Keberhasilan Dovi menyusul Lorenzo tak lepas dari kesalahan pembalap asal Spanyol itu. Dia melebar di tikungan 15 dan membuka celah bagi Dovi untuk melewatinya. Entah ini bagian dari team order atau bukan, pastinya Dovi meraih juara di MotoGP Malaysia 2017.

“Kondisi lintasan di Sepang sempat menyulitkan karena trek basah. Tapi, saya sedang dalam performa apik di Sepang sejak FP1. Momen saya sedang bagus di Sepang dan saya bersyukur bisa berlanjut hingga balapan,” sebut Dovi seperti dilansir MotoGP.com.

Bagi Ducati sendiri, untuk pertama kali pada musim ini bisa finis 1-2 dalam satu seri balapan. Tentunya prestasi yang membanggakan. Terlebih, Dovi masih punya peluang untuk meraih gelar juara dunia MotoGP 2017.

Sementara itu, podium ketiga menjadi milik Johann Zarco (Monster Yamaha Tech3). Sedangkan duo Movistar Yamaha, terlempar dari lima besar. Valentino Rossi berada di posisi 7, Maverick Vinales harus puas berada di posisi 9. JPC

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here