Home Palembang Peminat UIN Luar Biasa Meningkat

Peminat UIN Luar Biasa Meningkat

0

Tasyakuran Sambut Perjalanan Tiga Tahun UIN Raden Fatah Palembang

PALEMBANG, PE – Pasca transformasi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang selama tiga tahun terakhir, jumlah peminat untuk kuliah di kampus berbasis Islam meningkat drastis.

Tahun ini saja, kampus yang berada di jantung kota tersebut diminati lebih dari 40.000 orang, namun kampus hanya bisa menerima 4.000 mahasiswa baru.

“Kuantitas peminat meningkat, namun kita membatasi karena terkendala dengan jumlah dosen dan sara prasarana,” kata Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof Sirozi dalam acara tasyakuran tiga tahun UIN Raden Fatah Palembang, Sabtu (14/10).

Dia bercerita, perjuangan dalam meningkatkan status kampus sangat besar. Banyak di antara para civitas pesimis bisa meningkatkan status tersebut, bahkan ada beberapa di antaranya menolak menjadi UIN.

“Namun setelah menjadi UIN, banyak sekali nilai positif dalam mengembangkan pendidikan di Sumatera Selatan,” ceritanya.

Saat ini, dia mengaku fokus meningkatkan sarana dan prasarana. Lewat bantuan ADB sebesar Rp430 miliar, pihaknya akan mendapatkan 9 unit bangunan beserta meubeler yang ada di Jakabaring. Dipastikan gedung tersebut baru bisa dimanfaatkan pada tahun 2019.

“Dalam dekat ini tepatnya tanggal 17 Oktober nanti, kami juga akan launching Foodcord dengan 32 lapak serta launching Halal Center. Lembaga ini merupakan mutra dari Kemenag dan MUI dalam memverifikasi produk halal. Nanti ada ahli hukum syariah, sains, kimia untuk memverifikasi kehalalan makanan,” jelasnya.

Meski perkembangan sarpras dilakukan secara bertahap, namun diakuinya dalam melaksanakan tasyakuran tersebut dilakukan secara sederhana. Hanya ada beberapa kegiatan yang akan digelar seperti jalan sehat, lomba menghias nasi tumpeng tingkat fakultas serta zikir dan doa bersama. RIS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here