Home Ekonomi Pertama Disumsel, Ubah Buah Mangrove Jadi Komoditi Unggulan

Pertama Disumsel, Ubah Buah Mangrove Jadi Komoditi Unggulan

0

SEKAYU,PE- Upaya Pemkab Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa (DPMD) dalam meningkatkan ekonomi masyarakat terus dilakukan. Salah satunya, dalam pengelolaan buah Mangrove yang selama ini tidak dimanfaatkan warga khususnya di Kecamatan Lalan menjadi hasil komoditi unggulan.

Kepala DPMPD Muba Drs Habiburahman melalui Kabid PM dan Pendayagunaan SDA- Teknologi Tepat Guna (TTG) Sahidi.SPd. MSi mengatakan, program pengeloaan Mangrove sendiri merupakan yang pertama di provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), dimana nantinya buah Mangrove yang selama ini diabaikan warga Lalan sendiri karena tidak bisa dimanfaatkan, justru bisa menjadi hasil komoditi unggulan seperti menjadi sirup, selai, dodol, permen, tepung dan pangan khas Mangrove.

“Sehingga itu bisa menambah penghasilan warga didaerah pesisir yang selama ini, tidak begitu paham akan manfaat dari buah mangrove,” ungkap Sahidi, kemarin.

Menurutnya, program itu sendiri akan dilaksanakan pada tahun 2018 mendatang melalui anggaran Dana Desa dan APBD. Dan, lanjutnya, ini upaya Pemkab Muba dalam merevitalisasi pemberdayaan ekonomi masyarakat sekaligus melakukan konservasi Mangrove.

“Karena nantinya, kegiatan ini meliputi survei lokasi, pembinaan kelompok tani dan kelompok usaha perempuan Mangrove, pembibitan Mangrove, pengolahan buah Mangrove dan dilanjutkan dengan usaha pemasaran bibit maupun produk olahan buah mangrove yang lebih masif,”

“Jadi boleh dikatakan memiliki tujuan jangka panjang maupun pendek, seperti jangka pendek menumbuhkan kemandirian warga, menumbuhkan minat dan keterampilan, meningkatkan pemberdayaan perempuan. Lalu, jangka panjangnya melestarikan hutan mangrove guna menjaga keseimbangan ekosistem didaerah pesisir,” jelas pria yang akrab disapa Otong ini lagi. SAF

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here