Home Informasi Wah, Di Lalan Ada Musium Mini Peninggalan Abad 4 Masehi

Wah, Di Lalan Ada Musium Mini Peninggalan Abad 4 Masehi

0

SEKAYU,PE- Mungkin masyarakat Musi Banyuasin (Muba) banyak tidak mengetahui bahwa Kecamatan Lalan merupakan wilayah yang sangat strategis pada zaman prasejarah  abad ke 4 masehi. Hal tersebut terbukti dengan ditemukannya beberapa kawasan pemukiman kuno serta artefak di Desa Mulya Mukti Kecamatan Lalan.

Husin yang merupakan adik ipar Legimin sang penjaga musium pra sejarah Karang Agung, membenarkan bahwa diwilayah Desa Mulya Mukti perbatasan dengan Desa Karya Mukti memang ditemukan sejumlah artefak, bahkan kayu tiang kuno yang telah terbukti berdasarkan analisi carbon, dating pada sampel kayu tiang tersebut terbukti tahun 1624-1629 BP. “Jadi boleh dikatakan memang disini tempat pemukiman prasejarah sriwijaya,” kata Husin.

Selain tiang kayu kuno, Legimin menambahkan, ditemukan juga artefak manik-manik anting, cincin, gelang, liontin kemudi peragu, tembikar, bata batu asah, koin-koin emas dan gerabah, namun yang tinggal di musiun pra sriwijaya karang agung hanya gerabah-gerabah saja. “Karena, sebagian ada yang diambil oleh masyarakat untuk pribadi dan Musium Palembang,” jelasnya.

Kapan mulai ditemukan, dia menjelaskan, kisaran tahun 2003 lalu, ketika itu masyarakat akan membangun dan membuat sumur.

Wabup Muba Beni Hernedi, mengakui, bahwa masyarakat banyak belum mengetahui. Nah, kalau dilihat ini membuktikan bahwa Kecamatan Lalan pada zaman dahulu perairan ini merupakan jalur perlintasan perdagangan internasional melalui selat bangka pada zaman kerajaan sriwijaya dulu “Masyarakat pada masa itu melakukan perdagangan internasional melalui selat bangka,” tukasnya.SAF

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here