Home Entertainment Film Warga Nobar di Atas Dermaga Kapal

Warga Nobar di Atas Dermaga Kapal

0

PALEMBANG, PE – Angin malam seolah tak dihiraukan ratusan masyarakat Pesisir Sungai dalam menyaksikan Film Pengkhianatan G30S PKI, tadi malam (30/9) sekitar pukul 20.00 WIB. Salah satu sudut badan Kapal Komando milik Bekangdam II/SWj dijadikan layar proyektor. Kapal berwarna hitam bernomor lambung AD 013.08 memang disengaja disiapkan untuk nonton bareng (nobar) Film Pengkhianatan G30S PKI. Di bagian lain terlihat juga layar proyektor lainnya agar masyarakat bisa leluasa memilih tempat duduk agar nyaman untuk menonton.

Ya, pada puncak nobar film peristiwa kekejaman PKI, Koramil 418-01/Makrayu memilih Pelabuhan Kapal 35 Ilir dijadikan sebagai lokasi pemutaran film sejarah ini. Tujuannya agar menarik minat masyarakat yang ada di sepanjang Jalan Pangeran Sido Ing Lautan Kelurahan 32 Ilir untuk ikut menyaksikan film pengkhianatan G30S PKI. Dalam kesempatan tersebut terlihat hadir Komandan Korem (Danrem) 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, Komandan Kodim (Dandim) 0418/Palembang Letkol Inf Romas Herlandes, Komandan Koramil (Danramil) 418-01/Makrayu Kapten Inf Heru Sobaran.

Putri Sahana Dewi misalnyan siswa kelas 8 SMPN 13 Palembang ini terlihat hanyut mengikuti jalannya aksi kekejaman PKI. Warga Lorong Tapak Nyari RT 1 RW 1 Kelurahan 32 Ilir mengaku penasaran dengan sejarah kelam yang pernah dialami Bangsa Indonesia ini. “Sebelumnya belum pernah menonton hanya mendengar saja, karena itu sewaktu ada informasi nobar Film G30S PKI, saya langsung datang ke sini,” aku dia kepada Palembang Ekspres, Sabtu (30/9).

Sementara itu, Danramil 418-01/Makrayu Kapten Inf Heru Sobaran mengaku pemutaran Film Pengkhianatan G30S PKI di Pelabuhan 35 Ilir untuk mengakomodir permintaan masyarakat. Secara umum, pemutaran film ini sudah dilakukan hampir di seluruh kelurahan wilayah Koramil 418-01/Makrayu. Sebelumnya, pemutaran sudah dilakukan dibeberapa lokasi seperti Museum Taman Lurbakala, Pulo Kerto, Karang Anyar dan lainnya. “Di hari bersamaan ini, kita juga melakuka pemutaran film di perumahan Pemkot Palembang di Gandus,” terangnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, pemilihan lokasi Pelabuhan 35 Ilir untuk memberikan sensasi kepada masyarakat selama menonton. “Kita berharap pemutaran film ini agar kejadian komunis jangan sampai terulang lagi. Pemutaran film G30S PKI ini juga sebagai upaya pencegahan terhadap paham komuis dan proteksi terhadap bangsa,” harapnya. RIS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here