Home Kesehatan Bakti Sosial “KAUMY PEDULI” untuk Anak-anak Penderita Penyakit Jantung Bawaan

Bakti Sosial “KAUMY PEDULI” untuk Anak-anak Penderita Penyakit Jantung Bawaan

0

 

JAKARTA.PE- Penyakit Jantung Bawaan (PJB) merupakan kelainan struktur anatomi atau fungsi jantung dan atau pembuluh darah besar yang sudah ada sejak seorang manusia dilahirkan, dan terapi defenitif yang bisa dilakukan hanya operasi korektif. Indonesia merupakan salah satu megara dengan rasio penderita Penyakit Jantung Bawaan (PJB) yang cukup tinggi, yaitu sebesar 0,8% dari angka kelahiran hidup di Indonesia sebanyak 4,5 Juta bayi. Artinya, terdapat 8 dari 1000 bayi yang lahir di Indonesia menderita Penyakit Jantung Bawaan (PJB).

Terpusatnya tindakan korektif penderita Penyakit Jantung Bawaan (PJB) di Jakarta dalam hal ini di Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK), secara tidak langsung membatasi akses masyarakat untuk mendapatkan pengobatan yang maksimal terhadap penyakit ini. Keterbatasan kuota, fasilitas dan tenagamedis yang dimiliki Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK) membuat masyarakat harus antri hingga lebih dari satu tahun dari waktu pendaftaran.

Selain itu, lamanya proses recovery pasca tindakan korektif pada Penyakit Jantung Bawaan (PJB) membuat pasien dan keluarga pasien harus menyiapkan tempat tinggal dan biaya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama masa pengobatan. Hal ini tentu sangat memberatkan bagi masyarakat yang berasal dari luar Jabodetabek terlebih lagi bagi masyarakat dengan kemampuan ekonomi finasial yang lemah.

Terkait hal itu, Keluarga Alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KAUMY) Daerah Khusus Ibukota Jakarta sebagai sebuah organisasi kealumnian yang memiliki anggota dari berbagai disiplin ilmu dan profesi mencoba memberikan sumbangsih nyata sebagai realisasi dari salah satu misi pengabdian dan pelayanan terhadap masyarakat yang dimiliki untuk meringkankan beban dari anak penderita Penyakit Jantung Bawaan (PJB) dan keluarganya. Dengan menggagas sebuah kegiatan pengumpulan donasi yang selanjutnya akan diberikan kepada anak Penderita Penyakit Jantung Bawaan (PJB) dan para keluarga mereka, yang saat ini sedang dirawat di Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK).

“Kegiatan ini diberi nama “KAUMY PEDULI” dengan tagline “KAUMY Peduli, Kita Berbagi”. Secara umum, kegiatan KAUMY PEDULI dibagi menjadi 2 (dua) Tahapan, yaitu  Funding Donasi dari para donator akan dilaksanakan pada 1-30 November 2017, dan  Bakti Sosial KAUMY PEDULI akan dilaksanakan Minggu, 10 Desember 2017 di Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK),’’ jelas Nu’man Iskandar, Ketua Pengurus Daerah KAUMY DKI sebagai penanggung jawab kegiatan KAUMY PEDULI

Menurut Nu’man Iskandar, kegiatan ini sudah didukung oleh sederet artis nasional seperti Raffi Ahmad, Ruben Onsu, Eko Patrio, Irvan Hakim, Ustadz Kasif Kheer, Make Me Power dan banyak artis lainnya.

Kegiatan ini, lanjutnya, ditujukan untuk merubah pandangan masyarakat umum yang selama ini selalu mengasosiasikan penyakit jantung bawaan dengan orang kaya. Padahal, penyakit jantung bawaan bisa menimpa siapa saja, tanpa melihat status sosial seseorang.

“Tugas kami adalah membantu meringankan beban keluarganya, apalagi kebanyakan penderita itu berasal dari luar Jakarta, bahkan dari luar Pulau Jawa di mana di Jakarta ini mereka t dak memiliki keluarga,” ujarnya. Selanjutnya, Nu’man Iskandar mengajak semua pihak untuk dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini dengan mendonasikan sebagian rezeki yang dimiliki melalui transfer ke Rekening BNI Syariah Nomor 0514249374 a/n Moch Reza Pahlephi El Rasie.

Pihaknya membuka rekening donasi kepada masyarakat umum hingga 30 November 2017. “Bakti sosial di RS Harapan Kita ini hanya pintu awal saja. Ke depannya, KAUMY PEDULI akan diperluas cakupanya ke kegiatan sosial diberbagai bidang. Karena itu mohon dukungannya,’’ katanya.

Sementara itu, Yogie Maharesi, Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) KAUMY, sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan KAUMY PEDULI yang digagas oleh Pengda KAUMY DKI. Harapannya, kegiatan seperti ini bisa diselenggarakan secara rutin dan menjadi agenda kerja yang dilakukan secara periodik. Sehingga dapat mendorong pengurus KAUMY di daerah-daerah lain di seluruh Indonesia untuk menginisiasi program serupa, agar manfaat keberadaan KAUMY dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. RIL

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here