Home Nasional Baru Lima Tahun, Bocah Ini Sudah Taklukkan 5 Gunung di Indonesia

Baru Lima Tahun, Bocah Ini Sudah Taklukkan 5 Gunung di Indonesia

0

JAMBI.PE- Apa yang dilakukan Andi Rafkah Muhammad Silva bersama ayahnya Andi Zulfikar, 31, benar-benar bikin geleng kepala. Silva yang baru berusia 5 tahun sudah mampu menaklukkan lima gunung tinggi di Indonesia. Terbaru dia baru saja mengibarkan bendera merah putih di puncak Gunung Kerinci, Jambi, pada 28 Oktober lalu.

“Mendaki Kerinci adalah pilihan Silva. Dia ditawari beberapa pilihan gunung, tapi milihnya Kerinci,” kata Zulfikar.

Pendakian gunung setinggi 3.805 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu biasanya memakan waktu tiga hari dua malam. Namun, kali ini harus ditempuh dalam waktu 3 hari 3 malam lantaran harus menyesuaikan dengan kemampuan fisik Silva.

Dari shelter 3 ke puncak, bocah kelahiran Ternate, 14 Oktober 2012, itu harus digendong Zulfikar. “Kemiringan medannya sudah 75 persen, jadi naiknya harus pakai dua kaki dan dua tangan, seperti merayap,” tutur Zulfikar.

Dari puncak Kerinci, para pendaki tersebut masih melanjutkan perjalanan ke Danau Gunung Tujuh, danau tertinggi di Asia Tenggara yang terletak di kawasan Gunung Tujuh. Gunung setinggi 1.950 mdpl itu terletak persis di belakang Kerinci. Gunung Tujuh merupakan bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat.

Perjalanan menuju Danau Gunung Tujuh hanya memakan waktu lima jam. Medan menuju puncak danau pun tidak terlalu berat bagi Silva. “Kami usahakan Silva harus sampai di situ karena Danau Gunung Tujuh adalah salah satu danau tertinggi di Asia Tenggara,” tutur Zulfikar.

Kerinci bukanlah puncak pertama Silva. Ayah dan ibunya, Merti Nursarinda, merupakan pendaki andal. Kecintaan mereka pada alam dan ketinggian ditularkan pada sang anak.

Ketika usia Silva baru 1 tahun 10 bulan, keluarga kecil tersebut mendaki Gamalama, gunung berapi yang terletak di Pulau Ternate. Silva dan orang tuanya mendaki gunung setinggi 1.715 mdpl itu pada 16 Agustus 2014.

Normalnya, pendaki Gamalama rata-rata hanya membutuhkan waktu 3-4 jam untuk sampai di puncak. Namun, perjalanan keluarga Zulfikar memakan waktu hingga 12 jam. Lagi-lagi, keduanya harus menyesuaikan dengan kondisi fisik Silva. Sepanjang pendakian, balita itu jalan sendiri sembari bermain-main.

Pada usia 2 tahun, Silva kembali diajak ayahnya naik Gunung Sesean di Toraja (2.100 mdpl). Setelah menaklukkan Sesean, ayah dan anak itu melanjutkan pendakian ke gunung tertinggi di Sulawesi Selatan, Latimojong (3.478 mdpl).

Sepulangnya dari Sulawesi Selatan, Silva, Zulfikar, Merti, dan si bungsu Andi Reihan Rimba Aditama, 3, melewatkan pergantian tahun 2015-2016 di puncak Gunung Maitara, Kota Tidore Kepulauan.  JPC

 

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here