Home Palembang Biro Humas Sumsel Sabet Penghargaan Penerbitan Media Internal 2017

Biro Humas Sumsel Sabet Penghargaan Penerbitan Media Internal 2017

0

PALEMBANG, PE – Biro Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokol Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kembali mengukir prestasi gemilang di kancah nasional dengan meraih penghargaan terbaik tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota ketegori “Penerbitan Media Internal” pada Anugerah Media Humas 2017 diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia (RI).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Direktur Kemitraan Komunikasi, Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo, Dedet Surya Nandika kepada Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Sumsel, Teddy Meilwansyah pada malam penganugerahan media humas 2017, sekaligus penutupan kegiatan Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) Tingkat Nasional Tahun 2017 di Hotel Novotel Palembang, Kamis (23/11).

“Alhamdulillah malam ini dalam Anugrah Media Humas 2017 kami mendapat penghargaan terbaik tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota ketegori “Penerbitan Media Internal”, ini merupakan apresiasi atas capaian kinerja kehumasan, kerja keras seluruh staf Humas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel,” ungkap Teddy.

Lanjut Teddy, penghargaan tersebut merupakan kali kedua diraih setelah sebelumnya pada tahun 2016 Humas Pemprov Sumsel menjadi yang terbaik di tingkat pemerintah daerah se-Indonesia. Menurut dia, sebagai host Asian Games 2018, tentu peranan Humas Pemprov Sumsel akan menjadi sentral dan terdepan dalam menyampaikan semua informasi, komunikasi dan edukasi tentang Asian Games.

“Semua ini tidak terlepas dari support dan arahan dari Pimpinan kami Bapak Gubernur, Bapak Wakil Gubernur dan Bapak Sekretaris Daerah (Sekda), semoga ini terus memicu semangat kami untuk terus menjadi yang terbaik dan bisa mempertahankan prestasi membanggakan ini,” ujar Teddy usai menerima penghargaan.

Pada Malam Penganugrahan Media Humas itu, nampak dihadiri Tim Komunikasi Kepresidenan, Handoko, Direktur Jenderal Informasi Komunikasi Publik, Rosarita Niken Widiastuti, Direktur Kemitraan Komunikasi Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo, Dedet Surya Nandika, Asisten l Bidang Pemerintahan dan Kesejahtera Rakyat (Kesra) Setda Provinsi Sumsel, Ahmad Najib serta Kadis Kominfo Provinsi Sumsel, Farhat Syukri.

Direktur Jenderal Informasi Komunikasi Publik, Rosarita Niken Widiastuti mengatakan, khusus Anugerah Media Humas tahun ini merupakan ke-12 kalinya diselenggarakan dengan melibatkan sekitar 176 instansi. Penganugerahan media humas dilaksanakan baik dalam kategori penerbitan media internal, media sosial, siaran Pers/pemberitaan, hingga pelayanan informasi melalui Internet.

“Tahun ini, kita ubah kategori perlombaan, yakni lebih mengarah kepada aktivitas kehumasan yang terukur dan berdampak langsung kepada publik. Juga dinilai dari informasi program prioritas pemerintah kepada publik,” terang dia.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan Humas di pemerintahan ataupun instansi dapat memberikan informasi kepada masyarakat. Program pemerintah juga diharapkan dapat tersampaikan dengan baik.

“Saya juga berharap agar Humas ini dapat meningkatkan kreasi dalam pelayanan inovasi publik melalui multi channel, multi platform, dan berbagai kegiatan yang harapannya informasi dari pemerintah dapat diterima langsung oleh masyarakat,” ungkapnya.

Dia menambahkan, seluruh kinerja pemerintah harus dipastikan sampai kepada masyarakat. Selain sosialisasi juga harus ada edukasi. “Humas juga harus dapat men-counter narasi apabila ada data atau kinerja pemerintah yang dibolak-balik oleh pihak tidak bertanggungjawab. Humas harus bisa bekerja maksimal, luar biasa, bahkan kalau bisa 24 jam. Karena informasi dapat datang kapan saja, baik pagi, siang hingga malam,” terang Dirjen yang akrab di sapa Ibu Niken ini.

Anugrah Media Humas 2017 tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan SAIK tingkat nasional, berlangsung 21-24 November 2017. SAIK  diikuti ribuan peserta dari Sabang sampai Merauke terdiri dari utusan pemerintah daerah, khususnya yang berada di bidang Kehumasan, Komunikasi dan Informasi publik, bertujuan untuk tingkatkan kapasitas dari masing-masing instansi.

Bukan hanya workshop dan dialog dengan sejumlah narasumber, dalam rangkaian SAIK disajikan pameran, festival kesenian tradisional, dan sebagainya. Serangkaian kegiatan lainnya juga digelar seperti Forum Bakohumas dengan tema Sinkronisasi dan Integrasi Komunikasi Program Prioritas Pemerintah. Juga ada Forum Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang diikuti blogger, youtuber dan content creator.

Kegiatan SAIK ini merupakan keduakalinya diselenggarakan Kementerian Kominfo RI. Sebelumnya diselenggarakan di Bandung dan kedua di Palembang. HMS

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here