Home Sumsel Banyuasin Akhlak Nabi Muhammad Dijadikan Contoh Umat

Akhlak Nabi Muhammad Dijadikan Contoh Umat

0

BANYUASIN. PE-Untuk meneladani akhlak dan Nabi Muhammad SAW dan ajaran-ajarannya, Pemkab Banyuasin memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 H bersama masyarakat Sembawa di Masjid Muhajirin Desa Lalang Sembawa Kecamatan Sembawa, Senin (11/12)  Pukul 14.30 WIB.

Peringatan Maulid Nabi ini dihadiri Bupati Banyuasin Ir SA Supriono didampingi Ketua TP PKK Banyuasin Karwana, SE, Kemenag Banyuasin Abadil, Kapolres Banyuasin AKBP Yudhi Surya Markus Pinem S.IK, Kejari Banyuasin, Arhanud, Asisten III M Yusuf, Anggota DPRD Sriyatun, Kepala OPD, Camat Sembawa, Kades, Toko Agama dan Masyarakat serta ribuan masyarakat Sembawa.

Kali ini menghadirkan Ustadzah Kondang dari Jakarta Quotus Subaroh, SQ, yang memberikan ceramah tentang kepribadian dan prilaku Nabi Muhammad SAW agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.  Menurut dia, kenapa harus Nabi Muhammad yang harus dijadikan contoh, bukan mahluk lainnya seperti Jin dan Malaikat. Karena dia manusia biasa yang lebih sempurna, dan dipilih karena memiliki sifat yang luar biasa dibandingkan dengan manusia umumnya.

“Meskipun beliau sibuk dalam mengurus umat tetap selalu mengingat Allah SWT sehingga dikehidupan sehari-hari tak lupa berzikir, taat beribadah, suka membantu orang lain dan apabila diberi ujian beliau selalu memikir kemaslahatan umatnya. Maka akhlak Nabi Muhammad SAW dapat diteladani dalam kehidupan kita sekarang,”katanya.

Sementara, Bupati Banyuasin Ir SA Supriono dalam sambutannya menyampaikan melalui peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW mengajak masyarkat Banyuasin untuk intropeksi diri, sudah sejauh mana melaksanakan perbuatan yang ukhrowi dan duniawi. Sebab kata dia kehidupan akhiratlah yang kekal dan harus dicari karena apa yang ada didunia ini hanya sementara dan pasti akan ditinggalkan.

“Untuk itu, mari kita meneladani uswatun hasanah yang melekat pada diri Rasulullah SWT dengan meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT, serta merubah prilaku kearah yang lebih baik dari sebelumnya,”katanya.

Ia menjelaskan sebagai media tarbiyah, peringatan Maulud ini dapat di transformasi diri atas kesalehan sebagai semangat baru yang terciptanya masyarakat madani. “Sebab tantangan kedepan diera globalisasi semakin sengit karena itu diantara kita harus bersatu dan bahu membahu untuk mewujudkan Banyuasin Terdepan Maju, Berdaya Saing, Mandiri dan Mensejahterakan masyarakat,”tuturnya.

Kabag Kesra Setda Banyuasin Drs Ahmad Mastur mengatakan tujuan peringati Maulid Nabi muhammad SAW agar tidak ada jarak antara Pemerintah Kabupaten Banyuasin dengan masyarakat. Peringatan Maulid Nabi ini, dapat dijadikan momentum silaturahmi dengan masyarakat dan menghidupkan syiar Islam. “Kita berharap umaro-umaro, sehingga nantinya dapat memberikan tausyiahnya kepada masyarakat,” katanya. BUD

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here