Home Sumsel Banyuasin KPU Banyuasin Terjunkan 1815 Petugas PPDP Mencoklit DPT

KPU Banyuasin Terjunkan 1815 Petugas PPDP Mencoklit DPT

0

BANYUASIN,PE-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuasin secara serentak, mulai tanggal 20 Januari 2018 telah menerjunkan sebanyak 1815 Petugas Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dari rumah ke rumah guna melakukan Pencocokan dan Penelitian untuk masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilukada Banyuasin yang dilaksanakan pada 27 Juni 2017.

Pantauan dilapangan, kemarin seperti di Kelurahan Kayuara Kuning Kecamatan Banyuasin III sejumlah petugas PPDP dan juga melibatkan pelaksana Pemilu mulai dari KPU, PPK, PPS guna melakukan Pencocokan dan Penelitian (Pencoklik) Data Pemilih Tetap (DPT) yang akan dijadikan acuan Pemilukada Banyuasin nanti.

“Ya, mulai hari ini, red kami (petugas PPDP) mendata daftar penduduk dari rumah kerumah, dimana kegiatan ini dilakukan serentak secara nasional. Dengan Mencoklit ini diharapkan semua pemilih dipastikan terdaftar sebagai pemilij pada Pemilukada Banyuasin nanti,”ujar Mashito petugas PPDP di Kelurahan Kayuara Kuning.

Ia menjelaskan, orang yang terdaftar menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) adalah orang yang berdomisili di Kabupaten Banyuasin yang belum meninggal dunia, yang berumur minimal 17 tahun pada bulan Juni 2018 dan orang yang berakal sehat. Selain itu, berumur 16 tahun boleh didaftarkan asalkan telah menikah. Sedangkan masyarakat yang sudah meninggal dan sudah pindah di daerah lain harus dicoretdalam daftar yang diterima dari KPU.

“Apabila sudah terdata kami menempel stiker coklit di depan rumah, guna mengetahui rumah tersebut sudah didata,”jelasnya.

Sementara Ketua KPUD Banyuasin Dahri M, Pdi melalui Komisoner Devisi Teknis Ida Royani, mengatakan untuk melaksanakan kegiatan Pencoklit sebanyak 1815 Petugas Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) diterjunkan guna melakukan Pencoklit dari rumah ke rumah.

“Ya, PPDP ini akan melakukan Pencoklikan sejumlah data pemilih, itu dilakukan dari rumah ke rumah, yang disebar di setiap kecamatan, tujuanya untuk mendata kembali masyarakat yang belum terdata sebagai Daftar Pemilih Tetap pada Pilkada nanti. Bagi masyarakat yang belum masuk dalam DPT maka tim coklik akan mendata ulang dengan mengisi formulir A2 KWK,”jelas Ida Royani.

Secara teknis, dia minta calon pemilih mengisi formulir A2 KWK seperti alamat rumah dan nama ya g bersangkutan. Kemudian baru dimasukan dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS). Kemudian tim coklit akan ditempelkan stiker dirumah yang sudah dicoklik sebagai tanda bukti bahwa sudah dilakukan pendataan.

“Kita mendatangi rumah warga yang masuk daftar pemilih kemudian di cek KTP elektronik atau suketnya. Ketika itu sudah dipastikan datanya maka kita coklit, centrang, contreng,”urainya.

Setelah masuk DPS, hasil coklik tersebut akan direkap melalui anggota PPS dan PPK, kemudian direkap kembali oleh KPUD Banyuasin.

“Pencoklitan dimulai besok (Hari ini Red), ada 3 agenda pertama pencoklikan dimulai pada tanggal  20 Januari – 29 Januari dilanjutkan 30 Januari – 8 Februari dan terakhir 8 – 18 Februari 2018,”terangnya.

Lanjut dia, dengan begitu Pemilukada nanti tidak ada lagi persoalan tidak ada masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemilih. “Pleh karena itu juga progres ini adanya peran serta masyarakat untuk menyukseskan Pemilukada serentak,”pungkasnya. BUD

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here