Home Sumsel Musi Banyuasin Ini Janji Pertagas, Selesaikan Pipa Tempino-Plaju Bocor

Ini Janji Pertagas, Selesaikan Pipa Tempino-Plaju Bocor

0

SEKAYU,PE- Kebocoran pipa minyak Tempino-Plaju yang terjadi di Kilometer 78, Desa Gajah Mati Kecamatan Babat Supat pada Selasa (27/2), mengakibatkan tumpahan minyak mentah berwarna hitam pekat meluber hingga mencemari kolam ikan serta pemukiman warga. PT Pertagas selaku anak perusahan Pertamina (Persero) selaku pengelola jalur pipa tersebut, berjanji segera mengatasi masalah tersebut.

Public Relation Corporate PT Pertagas, Elok Riani Ariza ketika dihubungi, mengatakan, pihaknya telah menerima laporan adanya pipa bocor yang terjadi di Desa Gajah Mati Kecamatan Babat Supat. Dikatakannya, kebocoran itu sendiri karena kurang komunikasi antara operator Tempino, Jambi, dengan operator pihaknya. Sebab, dalam penyaluran minyak yang akan disalurkan ke Plaju, Palembang, tekanannya cukup besar.

“Dimana, ketika tekanan penyaluran bertekanan besar, operator kita sendiri tidak diberitahukan. Sehingga, mengakibatkan klam pipa dititik tersebut bocor,” ungkap Elok, melalui sambungan selular, Rabu (28/2).

Sedangkan, untuk pembersihan minyak sendiri, pihak dilapangan melakukan penseterial sisa-sisa minyak tumpahan dengan menargetkan dua hari minyak-minyak mentah yang diatas telah bersih. Lalu, untuk rehabilitasi keseluruhan seperti kebeberapa kolam dan lainnya, pihaknya menargetkan dua minggu selesai.

“Terkait untuk ganti rugi sendiri, Pertagas akan melakukan koordinasi bersama pemerintah kecamatan, desa dan kepolisian setempat dengan melalui musyawarah,” imbuhnya.

Untuk diketahui, kebocoran minyak mentah jalur pipa Pertamina Tempino-Plaju kembali terjadi. Kali, minyak mentah berwarna hitam pekat meluber hingga kepemukimam dan perkebunan warga Desa Gajah Mati Kecamatan Babat Supat tepat dipinggir jalan lintas sumatera (jalintim) KM 77, Selasa (27/2) sekitar pukul 09.00 WIB.

Dari informasi yang berhasil didapat, bocornya pipa minyak yang mana dalam pengawasan dilakukan oleh pihak PT Pertagas itu berada dikilometer 77 jalintim Palembang-Jambi. Kejadian tersebut diketahui oleh warga bernama Ria dan Melda, yang kediamannya tidak jauh dari lokasi. Lalu, warga menghubungi anggota Pospol Lantas Sukamaju,yang kemudian menghubungi Polsek Babat Supat. Petugas kemudian langsung memasang police line, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.SAF

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here