Home Infrastruktur Jalan Longsor Ancam Pengendara Jalinten

Jalan Longsor Ancam Pengendara Jalinten

0

SEKAYU,PE- Intensitas hujan yang tinggi di Kabupaten Musi Banyuasin dan sekitarnya, membuat debit air Sungai Musi mengalami peningkatan. Kondisi ini membuatĀ Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) Betung-Sekayu tepatnya di Dusun I Desa Bailangu Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), terancam mengalami longsor susulan.

Pasalnya, jalan berstatus milik negara tersebut belum mendapatkan perbaikan, usai tanggul penahan air ambruk dan tanah disekitanya longsor pada akhir Januari lalu. Sehingga menyebabkan badan jalan yang seharusnya dua jalur, menjadi satu jalur.

Berdasarkan pantauan dilapangan, setelah terjadinya longsor dan tanggul penahan air ambruk, pengerjaan yang dilakukan oleh pihak terkait hanyalah pembersihan dan pembongkaran tanggul penahan air. Dimana hingga kini belum dilakukan pengerjaan perbaikan dilokasi jalan yang tepat berada ditikungan aliran Sungai Musi.

Situasi ini tentunya sangat disayangkan, mengingat jalan penghubung antar kabupaten tersebut selalu dipadati kendaraan dan membuat rawan kecelakaan terutama pada malam hari, lantaran penerangan dilokasi yang sangat minim.

“Ya, kita kalau hendak melintas harus memelankan laju kendaraan dan antre, karena jalannya satu jalur. Selain itu banyak lubang,” ujar salah satu pengendara motor Dian Syahputra, kemarin.

Tingginya curah hujan, sambungnya, membuat kondisi jalan semakin rusak dan berlumpur. “Sekarang musim hujan, jalan yang ada di pinggir sungai sepertinya mulai terlihat retak-retak dan bisa longsor kapanpun. Ini membahayakan pengendara yang melintas,” tambahnya.

Hal senada juga dikatakan Dimas. Menurutnya, pihak terkait seharunya cepat tanggap. Meskipun perbaikan tanggul belum dilakukan, minimal pelebaran jalan selesai sepenuhnya dan tidak setengah-setengah, sehingga bisa dilalui dua jalur oleh kendaraan.

“Rambu-rambunya minim, tidak ada petugas. Ini kan bahaya bagi pengendara apalagi saat malam hari. Harusnya cepat tanggap, jangan nanti longsor semakin besar, jalannya putus, atau memakan korban, baru hendak diperbaiki menyeluruh,” tandasnya. SAF

 

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here