Home Sumsel Indralaya Posko Karhutla Inisiatif Warga

Posko Karhutla Inisiatif Warga

0

INDRALAYA, PE – Meski belum memasuki musim kemarau, namun di wilayah Kabupaten Ogan Ilir (OI) sudah siaga kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan berdiri sebanyak 32 posko secara swadaya.

“Kabupaten Ogan Ilir salah satu kabupaten di Indonesia yang lebih dahulu bergerak membentuk Posko Karhutla, ini murni inisiatif masyarakat, Kodim sifatnya inisiator saja,” ujar Dandim 0402/OKI-OI Letkol Inf Seprianizar S Sos, Ahad (25/02) kemarin.

Menurut Seprianizar, dari 32 Posko yang sudah dibentuk, sebanyak 263 warga siap untuk menjadi satgas Karhutla. “Tinggal bagaimana teknis kita menindaklanjutinya bersama instansi terkait , baik Pemkab Ogan Ilir, BPBD Sumsel, Provinsi. Untuk keterampilan satgas akan kita serahkan kepada petugas Manggala Agni yang akan memberikan keterampilan melatihnya,” paparnya.

Dandim menambahkan, dalam kurun dua bulan ini atau di awal tahun 2018, sudah tiga kali terjadi Karhutla, namun dalam skala kecil di lahan persawahan. “Tidak ada dugaan, kasusnya sama yakni membakar lahan untuk membuka lahan,” terang Seprianizar.

Dikatakannya juga, bahwa di Ogan Ilir terdapat 57 desa yang rawan Karhutla, namun yang paling rentan ada 13 Desa berada di dua Kecamatan yakni Kecamatan Pemulutan dan Kecamatan Indralaya Utara.

“Sekali lagi kami ingatkan, kepada warga untuk tidak main-main dengan membakar lahan, karena kami tidak ada kompromi, resikonya tembak di tempat,” tegasnya.

Lebih jauh katanya, berbagai sosialisasi telah dilakukan pihaknya terkait bagi warga yang ingin membuka lahan, jangan melakukan dengan membakar.

“Selain kegiatan khusus, saya juga selalu ngomong diberbagai acara, baik di OKI maupun di Ogan Ilir, menghimbau kepada warga jangan buka lahan dengan membakar. Kami harap kepada masyarakat yang melihat, tolong laporkan, baik ke kita maupun ke pihak kepolisian,” harapanya. VIV

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here