Home Ekonomi Ternak Kambing Buka Peluang Kerja Warga Sekitar

Ternak Kambing Buka Peluang Kerja Warga Sekitar

0

MARTAPURA, PE-Ketua Perpaduan OKU Timur, H Faisal Habibur SH, saat ini sedang merintis usaha pengembangbiakan ternak kambing dan ayam. Dengan membuka usaha ini, masyarakat yang berada di lokasi peternakan diharapkan dapat terlibat sesuai dengan keahlian.

“Pengusaha juga harus siap menghadapi resiko. Namun jika tidak berani mengambil resiko akan sulit untuk maju. Usaha ini membuka lowongan kerja bagi warga sekitar, “jelas pengusaha muda ini, Senin (19/2).

Dikatakannya, bibit kambing yang diternak  berusia enam bulan dibeli dengan harga Rp800 ribu dari masyarakat. Kambing yang dikembangbiakan berupa kambing lokal. Guna menujang usaha pengembangbiakan kambing ini, Faisal  sengaja berkerjasama dengan dokter hewan, untuk mengetahui perkembangan dan kondisi kesehatan kambing maupun ayam.

Faisal menambahkan untuk pakan kambing, digunakan  rumput yang diolah dengan batang pisang yang dicacah, dicampur gula maupun air tebu, garam, dan probiotik, yang kemudian dipermentasi. Lamanya memproduksi pakan olahan ini minimal 48 jam. Setelah berhasik dipermentasi pakan baru diberikan kepada kambing.

Pakan olahan ini, lanjutnya, untuk antisipasi jika kekurangan rumput. Tapi masyarakat sekarang sudah ada yang jual rumput, sehingga ini membuka peluang kerja untuk warga dan mengurangi pengangguran. ”Usaha yang saya lakoni ini untuk membantu masyarakat agar ada kesempatan kerja. Saat ini untuk di kandang ternak sudah ada 14 karyawan, dan seluruhnya berasal dari masyarakat sekita,”ungkap pria kelahiran Desa Kurungannyawa, 26 Juli 1980 ini, MAN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here