Home Sumsel Banyuasin 94 Siswa SD Bersaing di OSN Kabupaten

94 Siswa SD Bersaing di OSN Kabupaten

0

BANYUASIN.PE – Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuasin menyelenggarakan seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kabupaten Banyuasin. Ajang tahunan itu, diikuti sebanyak 94 siswa Sekolah Dasar, terdiri 47 putra dan 47 putri mewakili 19 Kecamatan.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Pelaksana tugas (PLT) Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disdikporapar) Kabupaten Banyuasin Drs. HM Yusuf, MSi, di Kampus Pendidikan Diluar Domisili – Akademi Komunitas Negeri (PDD-AKN) Banyuasin Jalan Lingkar, Kelurahan Kedondong Raye, Kecamatan Banyuasin III.

Yusuf mengatakan, Seleksi OSN tersebut ada dua mata pelajaran yang diujikan yakni Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

“Para duta mewakili kecamatan di sini merupakan anak-anak yang memiliki prestasi, karena mereka bisa lolos ke kabupaten. Namun jangan hanya tingkat kabupaten, tapi bisa terseleksi ke tingkat provinsi dan nasional nantinya,” ujar Yusuf.

Menurut Yusuf, seleksi OSN diselenggarakan secara serentak di tingkat kabupaten di seluruh Indonesia, karena program tersebut merupakan program nasional. Seleksi OSN juga merupakan ajang berbobot bagi pelajar, karena untuk mencari bibit-bibit sains kabupaten yang benar-benar berprestasi.

Para siswa terbaik, kata dia, akan mewakili kabupaten ke tingkat provinsi tentunya bagi mereka yang memiliki kemampuan akademik sangat baik, sebab mereka akan bersaing di tingkat provinsi.

“Diharapkan nantinya, para peserta bisa terseleksi ke tingkat nasional nantinya,”tuturnya. Dia menjelaskan, bagi peserta yang sudah terseleksi untuk tingkat kabupaten agar terus belajar guna menyaingi peserta-peserta di tingkat provinsi nantinya, karena memiliki kemampuan sama dengan perwakilan dari Banyuasin.

“Inilah kesempatan siswa untuk meraih prestasi di tingkat provinsi dari segi mata pelajaran,” ujar dia. Sementara Ketua Panitia OSN Kabupaten Banyuasin Nasutman. S.Pd. MSi mengakui, seleksi dilaksanakan selama satu hari guna mencari bibit pelajar untuk mewakili kabupaten ke provinsi. Para peserta memang hasil seleksi dari panitia OSN di tingkat kecamatan.

Dia tetap optimis, bahwa peserta OSN dari Banyuasin bisa tembus ke nasional, dengan catatan mereka harus belajar dan dibimbing oleh masing-masing guru di sekolah. Sebab ajang OSN merupakan lomba sains siswa, mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat. BUD

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here