Home Ekonomi Ditanam di Dataran Tinggi, Kopi Pagaralam Punya Rasa Khas

Ditanam di Dataran Tinggi, Kopi Pagaralam Punya Rasa Khas

0

PAGARALAM, PE – Daerah dataran tinggi biasanya menghasilkan kopi yang nikmat dengan cita rasa khas, hal itulah yang menjadi andalan Kota Pagaralam sebagai salah satu daerah penghasil kopi terbesar di Sumatera Selatan (Sumsel).

Pengelola Cafee 16:20 Gunung Gare, M Gerut Halibi mengatakan, dirinya yang telah menekuni bidang perkopian nusantara, diakui bahwa Kota Pagaralam memiliki cita rasa yang khas. Sebab kopi yang ditanam di dataran tinggi tentu saja berbeda dengan kopi lainnya.

“Iya, saya usaha di sini dengan produk andalan Kopi Pagaralam. Kopi Pagaralam laris, apalagi di kalangan pengunjung luar kota. Sebagian mengatakan, rasa kopi Pagaralam beda, maka mereka ingin membawa pulang sebagai oleh-oleh khas Pagaralam,” kata pria yang akrab disapa Abi tersebut, Ahad (11/2) belum lama ini.

Lanjut Abi, pihaknya juga menjaga kualitas kopi mulai dari proses perawatan tanaman kopi. Dia bahkan punya kebun sendiri yang dikelola dengan tangannya, agar bisa menghasilkan kopi sesuai yang diinginkan.

“Tidak begitu luas, tapi cukup untuk saya jual sendiri. Saya panen sendiri dengan petik buah pilihan, dengan kemasakan sempurna. Kemudian proses penjemuran yang terjaga, rosting hingga pada penyajian, saya tekuni sendiri. Makanya kopi kita bisa bersaing,” ungkap dia.

Sementara itu, Syendy, salah seorang pengunjung dari luar kota Pagaralam mengaku telah jatuh cinta pada rasa kopi Pagaralam. Dia sampai memboyong beberapa bungkus agar bisa menikmati kopi dari bumi Besemah di rumahnya.

“Saya suka Arabika Pagaralam, karena rendah kafeinnya. Dan rasanya khas sekali ya, aromanya juga enak. Saya recommended bagi pecinta kopi, coba kopi Pagaralam, saya saja jatuh cinta, apalagi penggemar kopi lainnya,” tutur dia.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Pengelolaan Pasar (Disperindagkop UKM PP) Kota Pagaralam, Saidi Amrullah menyatakan, untuk menaikkan nilai jual kopi pagaralam dibutuhkan kemasan dan kreativitas.

“Akhir-akhir ini sudah ada beberapa kalangan terutama anak-anak muda yang tertarik mendalami usaha kopi. Itu salah satu cara meningkatkan brand kopi Pagaralam,” ujar Saidi.

Karena itu, Saidi yakin dengan potensi Kota Pagaralam sebagai tempat tujuan wisata utama di Sumsel juga akan semakin meningkatkan pengetahuan banyak kalangan tentang kopi Pagaralam. KOE

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here