Home Sumsel Musirawas Cuaca Esktrim, 4 Kecamatan Mura Waspada Puting Beliung

Cuaca Esktrim, 4 Kecamatan Mura Waspada Puting Beliung

0

MUSIRAWAS, PE- Hujan lebat yang terjadi di Kabupaten Musi Rawas sejak sepekan terakhir, membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mura, mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya yang berada di 4 kecamatan yakni Kecamatan Tiang Pumpung Kepungut, Tuan Negeri, Selangit dan Kecamatan Megang Sakti waspada ancaman angin puting beliung.

Kepala Pelaksana BPBD Mura, Paisol menegaskan, dari semua hasil pantauan terakhir terkait kondisi cuaca. Setidaknya, sejumlah daerah  tak terkecuali kabupaten Mura tengah dilanda musim penghujan. Sehingga, dengan kondisi tersebut semuanya warga tetap terus dihimbau tetap waspada. Baik itu, bagi warga yang berada di daerah aliran sungai (DAS) untuk waspada terjadinya banjir, bersama juga kepada seluruh warga terutama yang berada di empat kecamatan yang daerahnya berada di wilayah perbukitan dan wilayah perkebunan seperti sebagian besar kecamatan TPK, Tuan Negeri, Selangit dan Megang Sakti untuk warganya untuk selalu tetap waspada terhadap ancaman angin puting beliung.

“Sejak sepekan terakhir, hujan memang mengguyur kabupaten Mura, artinya jika hujan lebat terus terjadi, bisa mengakibatkan banjir akibat luapan air sungai. Sementara jika hujan gerimis kita juga tetap waspada akan ancaman angin puting beliung terutama di wilayah yang memang sering dilanda bencana ini,”terang Paisol, ditemui di ruang kerjanya kemarin(12/4).

Lebih jauh, sambung Paisol menyebutkan bahwa sejauh ini ditahun 2018.  BPBD Kabupaten Mura mencatat sudah satu kali terjadi angin puting beliung yakni diwilayah TPK.

“Sekali lagi, kita hanya bisa memprediksi. Tapi, kembali dari semuanya ada empat wilayah semuanya berpotensi karena daerahnya dataran tinggi dan daerahnya terbuka sangatlah rentan,”bebernya.

Selain itu, adapun dampak angin puting beliung. Semuanya, kerap kali terjadi potensi cuaca hujan yang sebelumnya disertai hadirnya tiupan angin kencang dan sangatlah berdampak terjadinya pohon tumbang, terutama itu rawan terjadi keberadaan pohon berada di sepanjang jalan wilayah Kecamatan Tugumulyo. Dan pihak BPBD telah menyampaikan dengan Camat, Lurah dan Kades jika ada pohon tumbang diwilayah masing-masing untuk segera dilaporkan.

“Kita akan tindaklanjuti dengan cepat menurunkan personel yang mana sudah dilengkapi peralatan untuk memotong,” tukasnya.HAR‎

 

 

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here