Home Headline News Elektabilitas Ishak – Yudha Naik Signifikan

Elektabilitas Ishak – Yudha Naik Signifikan

0

PALEMBANG, PE Elektabilitas Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Nomor Urut 3, H Ishak Mekki dan Yudha Mahyuddin (Ishak – Yudha) mengalami kenaikan secara signifikan. Kenaikan elektabilitas Paslon yang diusung Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini hingga menyalip elektabilitas HDMY yang awalnya mengalahkan semua Paslon.

Terus meroketnya elektabilitas Paslon ini terungkap dari hasil survei sederhana media sosial (medsos) Facebook yang ditampilkan akun atas nama Krisyanto Arfian di Group MENUJU SUMSEL 1 Tahun 2018. Krisyanto memposting hasil surveinya yang menunjukkan Paslon No 3, Ishak – Yudha menduduki peringkat pertama dari keempat Paslon.

Survei netizen Facebook dengan pertanyaan — Siapakah Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel 2018-2023 Pilihan Netizen? – ini, menempatkan Paslon Nomor Urut 3, Ishak – Yudha yang paling banyak dipilih oleh netizen. Di urutan kedua ditempati Paslon Nomor 1, HDMY, disusul oleh Paslon Dodi – Giri di tempat ketiga dan terakhir Paslon Aswari – Irwansyah. Hasil ini diambil tiga jam setelah survei dibuat yakni pada pukul 20.00 – 23.00.

Secara rinci hasil survei medsos tersebut adalah, peringkat pertama Paslon Nomor 3, Ishak – Yudha dengan hasil 49,6%. Peringkat kedua Paslon Nomor 1, HDMY, dengan hasil 32,1%. Peringkat ketiga Paslon Nomor 4, Dodi – Giri, 12,5%, dan di peringkat keempat Paslon Nomor 2, dengan hasil 4,2 %. Sedangkan dari total anggota di group MENUJU SUMSEL 1 TH 2018  yang belum menentukan pilihan sebesar 1,6%.

Sebelumnya di Medsos juga beredar hasil survei dari lembaga survei yang mengatasnamakan SIRECT (Survey Interactive Eelectoral Communication Technology) telah merilis hasil survei Cagub dan Cawagub Sumsel pada Maret 2018 lalu.

Di survei tersebut, menempatkan Paslon Nomor Urut 3, Ishak – Yudha pada posisi pertama, mengungguli Paslon Nomor 1, HDMY, yang sebelumnya diklaim sebagai Paslon dengan hasil survei tinggi dari Paslon lain.

Dengan margin of error 4,3%, SIRECT menjelaskan, elektabilitas tertinggi Paslon Gubernur dan Wagub Sumsel adalah Paslon Nomor Urut 3, Ishak – Yudha dengan hasil 31,17%. Sedangkan elektabilitas Paslon Nomor Urut 1, HDMY sebesar 30,68%. Adapun posisi ketiga ditempati Paslon Nomor 4, Dodi – Giri, 24,56%, dan posisi terakhir ditempati Paslon Nomor 2, Aswari – Irwansyah dengan hasil 13,59%.

Dijelaskan dalam survei independen SIRECT, bahwa pergerakan suara di Sumsel masih sangatlah dinamis. Dari keempat Paslon, Nomor 1,2,3 dan 4, masing-masing memiliki potensi yang sama.

Namun yang mendapat catatan SIRECT adalah Paslon Nomor 3, Ishak – Yudha yang semula menduduki urutan ketiga, hingga pada survei kemudian naik menjadi peringkat kedua, dan kini elektabilitasnya tertinggi, di atas semua Paslon.

Menanggapi semakin bagusnya posisi Ishak – Yudha pada Pilgub Sumsel saat ini, Calon Gubernur (Cagub) Ishak Mekki menyatakan bahwa semua ini berkat kerjasama dan kerja keras semua tim pemenangan dan relawan. Dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada semuanya, tim pemenangan maupun relawan yang ada di seluruh Sumsel atas apa yang telah dilakukan ini yang tak lain menuju Sumsel lebih baik.

“Saya atasnama Paslon Nomor Urut 3, Ishak – Yudha menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua tim maupun relawan yang ada di antero Sumsel. Mari terus kita rapatkan barisan, satukan tekad untuk menjadikan Sumsel yang lebih baik,” pungkas Ishak Mekki. TIM

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here