Home Palembang Erlangga Palembang Konsisten Bangun Literasi

Erlangga Palembang Konsisten Bangun Literasi

0

PALEMBANG, PE – Program pengembangan literasi di kalangan remaja usia sekolah yang digelontorkan pemerintah pusat mendapat respon positif dari perusahaan, salah satunya PT Erlangga Palembang. Perusahaan penerbit buku ini terkemuka di Indonesia ini sudah tiga tahun silam sudah menjalankan program pengembangan literasi di sekolah.

Pengembangan literasi ala Erlangga ini dilakukan dengan membudayakan membaca kepada siswa SD dalam waktu berkisar 5-10 menit. Dari bacaan itulah, siswa diajak untuk menceritakan kembali di hadapan teman sekelas.

“Program kami namanya Erlangga Reading Day, maksudnya sebelum masuk kelas, siswa diajak membaca buku. Bagi siswa yang berhasil mempresentasikan bacaan di hadapan teman-temannya, kami beri hadiah,” terang Kepala Cabang Erlangga Palembang, Herianto BS SE MM pada puncak peringatan Erlangga Anniversary ke 66th di Kantor Erlangga Palembang, Ahad (29/4).

Lebih jauh dia menjelaskan, pengembangan literasi di kalangan siswa SD tersebut membuktikan jika Erlangga bukan hanya perusahaan dengan penjualan buku semata, namun juga secara aktif ikut berpartisipasi kemajuan pendidikan terutama di bidang literasi.

“Kita sadari, posisi gadget menggeser membaca siswa di buku sehingga beberapa produk Erlangga juga ikut menyesuaikan dengan perkembangan tersebut. Beberapa Buku Erlangga saat ini ada scan barcode dan compact disk yang membimbing guru dan siswa dalam mengerjakan soal,” jelasnya.

Tak hanya itu, sambung dia, pihaknya sudah menyediakan Erlangga e-Learn atau buku digital. Siswa cukup berlangganan Erlangga di internet dan langsung bisa belajar melalui buku digital. “Hal ini kami lakukan agar budaya membaca buku pendidikan tetap digemari,” ucapnya.

Selain bidang digital, Erlangga secara intens juga memberikan pelatihan kepada guru dan siswa, salah satunya memberikan pelatihan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional. Tujuannya agar siswa siap mental mengikuti ujian akhir ini.

“Kompetensi guru juga kita latih terlebih sekarang ada perubahan kurikulum sekolah dari KTSP menjadi K3. Mereka kita latih dan semuanya gratis, tidak dipungut biaya,” tegasnya.

Seperti diketahui, Penerbit Erlangga berhasil meraih Top Brand for Teens Award yang ke-6 dalam kategori Penerbit Buku Pendidikan. Erlangga berhasil mengungguli pesaingnya dengan Top Brand Index 68,9%.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Handi Irawan, CEO Frontier Consulting Group dan diterima oleh F. Tertius Hulu, Direktur Marketing pada malam penganugerahan Top Brand for Teens Awards di Ballroom Hotel Mulia, Senayan, Selasa (24/4) lalu.

Sementara itu, pada puncak peringatan Erlangga Anniversary ke 66th ini, Erlangga Palembang menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti mewarnai tingkat TK dan PAUD, lomba bercerita dan tari kreasi tingkat SMP dan English Speak Contest tingkat SMA/SMK. Di tingkat karyawan, pihaknya menyelenggarakan tenis meja dan futsal. RIS

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here