Home Sumsel Muara Dua Syarat Belum Lengkap, Dandes ‘Ngendap’

Syarat Belum Lengkap, Dandes ‘Ngendap’

0

MUARADUA.PE – Pencairan Dana Desa (Dandes) Tahun 2018 terkendala, masih banyaknya Pemerintah Desa belum menyampaikan APBDes Tahun 2018 dan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) realisasi Dana Desa (DD) alokasi tahun sebelumnya.
Kepala Dinas PMPD Permiadi Haikal S Sos MM melalui Kabid Penataan Desa dan Perencanaan Pembangunan Desa Nidi Firdaus S Pd mengakui, pencairan Dandes Tahun 2018 terkendala sebagian desa yang belum menyerahkan APBDes Tahun 2018 dan ada desa hingga kini belum menyampaikan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ), alokasi tahun sebelumnya.
“Masih banyaknya desa yang belum menyerahkan, APBDes, SPJ dan perlengkapan lainnya, maka untuk pencairan dana desa tahun 2018 ini belum bisa di cairkan ke Rekening Kas Desa (RKD),” ujarnya. Selasa (03/4).
Dia mengimbuhkan, jika berkas sudah lengkap maka dana desa akan langsung di transfer ke Rekening Kas Desa (RKD) masing-masing.
“Begitu juga sebaliknya, jika persyaratan belum lengkap maka belum bisa dicairkan, kalau tetap dicairkan maka akan menyalahi aturan yang berlaku,” katanya.
Sementara itu Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa Andri Noerman SE menambahkan, terhitung 2 April dana desa 20% sudah dikirim dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) dan akan ditransper dari RKUD ke Rekening Kas Desa (RKD) apabila syarat sudah dipenuhi oleh desa.
“Adapun untuk syarat tersebut seperti APDes 2018 dan SPJ Tahun Anggaran sebelumnya, sejauh ini masih ada desa yang belum mengumpulkan APBDes, karena syarat mutlak pencairannya harus sudah ada APBDes,”jelasnya.
Untuk pencairan 20% berdasarkan Peraturan Mentri Keuangan No 225/PMK.7/2017, bahwa pencaiaran dana desa paling cepat Januari dan paling lambat minggu ke 3 bulan Juni.
“Maka untuk itu bagi desa yang belum mengumpulkan APBDes dan SPJ tahun sebelumnya agar segera mengumpulkan, agar dana desa 20% segera dicairkan ke Rekening Kas Desa,” tandasnya. DRE

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here